Resmikan IIMS 2024, Presiden Jokowi Sebut Kendaraan Listrik Menjadi Masa Depan Industri Otomotif Indonesia

Thursday, 15 February 24 Bonita Ningsih

Pameran otomotif Indonesia International Motor Show (IIMS) telah resmi dibuka pada 15 Februari 2024 di Jakarta International Expo (JIExpo) Kemayoran, Jakarta. Pameran garapan Dyandra Promosindo ini akan digelar selama 11 hari mendatang dengan 187 peserta di dalamnya. 

Dalam penyelenggaraan kali ini, IIMS 2024, diresmikan secara langsung oleh Presiden Republik Indonesia Joko Widodo (Jokowi) pada pagi hari. Dalam peresmiannya, Presiden Jokowi juga didampingi oleh Menteri Koordinator Bidang Perekonomian Airlangga Hartarto, Menteri Perindustrian Agus Gumiwang Kartasasmitha, Menteri Perdagangan Zulkifli Hasan, Menteri Investasi/Badan Penanaman Modal Bahlil Lahadalia, serta CEO Kompas Gramedia Liliek Oetama. 

Jokowi mengaku bangga dengan kehadiran IIMS karena telah berhasil menumbuhkan industri otomotif tanah air secara signifikan. Menurutnya, IIMS 2024 telah berhasil membawa lebih banyak produsen kendaraan listrik ke Indonesia mulai dari mobil hingga sepeda motor. 

“Saya melihat (kendaraan listrik) ini baik. Banyak yang dipamerkan sekarang seperti mobil listrik,” kata Jokowi saat upacara pembukaan IIMS 2024 di JIExpo Kemayoran Jakarta pada tanggal 15 Februari 2024.

BACA JUGA:   Festival 3 Gunung Lembata Giring Turis Dari Bali

Ia menilai, kendaraan listrik seperti mobil dan motor ini akan terus berkembang dan menjadi masa depan yang baik bagi industri otomotif Indonesia. Pasalnya, Indonesia memiliki sumber daya alam yang kaya seperti bahan baku nikel dan sumber daya pendukung lainnya.  

Liliek mengatakan bahwa IIMS telah menjadi menjadi wadah terbaik untuk memamerkan inovasi terbaru dalam industri otomotif termasuk kendaraan listrik. Lebih dari itu, pelaksanaan pameran ini juga menjadi sebuah momen refleksi atas kemajuan yang telah dicapai sebagai bangsa dalam mengembangkan sektor otomotif.

“IIMS 2024 akan menjadi titik balik penting dalam mendorong kolaborasi antara pemangku kepentingan dan kemitraan yang saling menguntungkan. Saya harap acara ini dapat menginspirasi generasi mendatang dan membawa industri otomotif Indonesia ke tingkat yang lebih tinggi,” jelasnya. 

Pada pelaksanaan IIMS 2024, terdapat 53 brand yang berpartisipasi mulai dari mobil hingga motor. Brand kendaraan roda dua yang bergabung adalah Benelli – Keeway, AHM, Italjet, Kawasaki, Peugeot, Piaggio, Vespa, Aprillia, Moto Guzzi, Royal Alloy, Royal Enfield, Scomadi, Yamaha. 

BACA JUGA:   Borobudur Marathon 2016 Diikuti 20.000 Pelari

Lalu, brand roda empat yang berpartisipasi dalam IIMS 2024 adalah Audi, BMW, Chery, Citroen, Daihatsu, Honda, Hyundai, Jaguar, Land Rover, KIA, Morris Garages (MG), MINI, Mitsubishi, Nissan, Subaru, Suzuki, Toyota, VW, dan Wuling. 

Sementara itu, brand kendaraan listrik roda dua yang bergabung adalah seperti Alva, Davigo, Gesits, Green Tech, Keeway EV, Pacific Bike, Polytron, Rakata, Selis, SMEV, United E-Motor, VMOVE, Volta, Yadea, hingga ZPT.

Selain industri otomotif, IIMS, juga mendapatkan dukungan penuh dari sektor multifinance dan pendukung lainnya. Sebut saja MUFG Bank, Ltd. dan PT Bank Danamon Indonesia, Tbk (Danamon) kembali mendukung sebagai Official Bank Partner. Sedangkan PT Adira Dinamika Multi Finance, Tbk. (Adira Finance) akan menjadi Official Multifinance Partner, Sponsored by PT Pertamina (Persero), Powered by PT PLN (Persero).

Untuk menambah kemeriahan acara, IIMS 2024, juga menghadirkan rangkaian program menarik dan aktivitas yang berkolaborasi dengan komunitas otomotif. Para Agen Pemegang Merek (APM) juga akan mempersembahkan sejumlah inovasi hingga peluncuran produk baru selama pameran berlangsung.

BACA JUGA:   Indonesia Dream Wedding Festival Hadir sebagai One Stop Solution Wedding Festival

Dengan banyaknya kegiatan tersebut, IIMS 2024, ditargetkan dapat menghadirkan 470 ribu pengunjung dan jumlah transaksi mencapai Rp5,3 triliun. 

Bagi masyarakat yang ingin berkunjung ke IIMS 2024 dapat membeli tiket masuk seharga Rp50.000 di hari Senin hingga Kamis (weekdays). Lalu pada hari Jumat hingga Minggu (weekend) seharga Rp85.000 dan tiket Premium Day hari pertama dibanderol seharga Rp150.000.

Tiket dapat dibeli melalui www.dyandratiket.com serta aplikasi @bbo.co.id atau https://bbo.co.id. Bagi pengunjung yang sudah mengantongi tiket dapat hadir sejak pukul 09.00-21.00 (weekdays) dan 10.00 hingga 21.00 WIB (weekend)