JAPEX Kembali Hadir dengan Semangat Go International

Tuesday, 13 March 18   45 Views   0 Comments   Venue
JAPEX

Setelah vakum satu tahun, Jakarta Audio Professional Expo (JAPEX) kembali akan digelar pada September mendatang, tepatnya tanggal 7 hingga 9, di Jakarta International Expo, Kemayoran.

Sebuah pameran yang diinisasi oleh AudioPro ini mempromosikan dan menampilkan seluruh perkembangan musik di Tanah Air, baik dari sisi alat musik, teknik, pengetahuan penggunaan alat musik, serta beragam sound system dengan teknologi digital terkini.

JAPEX menjadi sebuah pameran yang terbilang langka di Indonesia dan cukup bertahan lama. Meski sempat vakum, pada 2018 ini JAPEX telah menapaki gelaran yang ke-14 kalinya. Alhasil, tanpa disadari JAPEX telah menjadi sebuah pameran kelas audio dan peralatan musik terbesar di Asia Tenggara. Pada penyelenggaraan beberapa tahun sebelumnya, acara ini sempat diikuti dan dihadiri beberapa distributor mancanegara, sehingga target tahun ini pun akan mengundang pemain musik dan audio dari luar negeri.

Pada jumpa pers yang digelar beberapa pekan lalu di Balai Sarbini, dikabarkan AudioPro sebagai inisiator pameran menggandeng PT Sarana Pameran Handal (SPH) sebagai penyelenggara pameran yang akan membawa gelaran ini ke tingkat internasional. Victor Aritonang, Ketua KADIN, mengatakan, KADIN Jakarta Pusat berinisiatif membawa nama Jakarta sebagai kota MICE di Indonesia dan regional ASEAN. “Sepengamatan kami, event ini semakin lama semakin besar. Maka sudah selayaknya jadi event tahunan di Jakarta yang dapat dibanggakan ke dunia Internasional,” ujar Victor Aritonang.

Dari segi industri, KADIN juga berkepentingan untuk meningkatkan volume transaksi dan pengembangan industri peralatan musik dan audio menjadi salah satu industri yang digemari oleh masyarakat umum. “Saat ini banyak distributor dan pedagang retail peralatan musik dan audio sehingga mereka perlu membentuk wadah dan forum yang dapat menyatukan kepentingan bersama agar industri ini semakin berkembang sehat,” ujar Tjandra Ghozali, Pimpinan Media AudioPro.

Sementara itu, Eko Prabowo, Direktur PT Sarana Pameran Handal, menjelaskan, tahun ini bakal menjadi kebangkitan industri peralatan musik dan audio karena adanya perkembangan teknologi pada industri ini yang begitu cepat. “Diharapkan pada gelaran tahun ini industri lokal pun ikut bermain dalam pameran ini. Ini tentu untuk menunjukkan kepada dunia bahwa Indonesia pun tak kalah bersaing dalam hal musik dan audio,” kata Eko.

Penulis: Murdi