KMBD Binus University Selenggarakan Festival Buddhis Nusantara 2020

Monday, 03 August 20 Harry Purnama
Festival Buddhis Nusantara

Pandemi Covid-19 adalah suatu hal yang tak pernah kita duga. Pandemi ini mengakibatkan banyak sekali aktivitas yang terhambat dan banyak sektor yang ikut terdampak. Salah satu cara yang dianjurkan oleh pemerintah untuk mengurangi penyebaran COVID-19 adalah physical distancing. Namun, adanya aturan tersebut mengakibatkan banyak acara harus dibatalkan, ditunda, dan mengubah sistem pelaksanaan acara tersebut menjadi daring.

Keluarga Mahasiswa Buddhis Dhammavaddhana (KMBD) Binus University memutuskan untuk tetap melaksanakan acara tahunannya, yaitu Festival Buddhis Nusantara 2020. Namun, tahun ini berbeda karena acara tersebut akan dilaksanakan secara daring. Dari tahun ke tahun, tujuan diadakannya Festival Buddhis Nusantara ini tidak jauh dari mengenalkan agama Buddha kepada masyarakat luas.

Tema Festival Buddhis Nusantara tahun ini adalah “Harmony in Love” yang artinya keselarasan dalam cinta. Tujuan dari pemilihan tema ini adalah untuk meningkatkan keharmonisan yang ada dalam keluarga. Hal ini menggambarkan bahwa keluarga adalah harta yang tak ternilai dan selalu menjadi rumah ketika kita pergi jauh sehingga kita perlu untuk meningkatkan keharmonisan dalam keluarga, khususnya dengan orang tua.

Pada tahun ini, Festival Buddhis Nusantara mengadakan berbagai macam lomba, antara lain lomba mewarnai dengan tema “Pangeran Sidharta Mencapai Penerangan Sempurna”, lomba story telling, dan lomba foto unik. Dari lomba mewarnai dan lomba story telling akan diambil masing-masing tiga pemenang, sedangkan dari lomba foto unik akan diambil satu pemenang. Total hadiah dari seluruh lomba yang diadakan pada Festival Buddhis Nusantara tahun ini mencapai Rp4.350.000.

Tidak hanya itu, akan ada juga mini talk show yang akan dibawakan oleh Ramani Lida Melani yang bertemakan “3 Peristiwa Penting Dalam Agama Buddha”. Festival Buddhis Nusantara 2020 dapat disaksikan di Youtube Channel DV Entertainment pada tanggal 9 Agustus 2020.