Lebih dari 85.000 Pengunjung Padati THAIFEX – Anuga Asia 2024

Thursday, 13 June 24 Khanisa Azahra
thaifex Anuga Asia 2024

THAIFEX – Anuga Asia, pameran dagang makanan dan minuman terkemuka di Asia, kembali digelar pada 5 Juni 2024 di Bangkok, Thailand. Acara bergengsi ini berhasil menarik perhatian dunia dengan melampaui ekspektasi dalam hal jumlah peserta pameran internasional dan pengunjung. 

THAIFEX – Anuga Asia 2024 mencatat rekor baru dengan kehadiran 3.133 peserta pameran dari 52 negara, dan 85.850 pengunjung dari 131 negara, di mana 19.984 di antaranya adalah pengunjung asing. Jumlah ini meningkat 21,6 persen dari tahun 2023, di mana pameran tersebut tercatat dikunjungi lebih dari 78.000 pengunjung, termasuk 1.925 pengunjung internasional.  

Dari total peserta pameran, 2.024 di antaranya merupakan peserta internasional, termasuk partisipan dari 9 negara baru, seperti Bolivia, Republik Ceko, Mesir, Pantai Gading, Makedonia, Meksiko, Yaman, Kazakhstan, dan Oman yang untuk pertama kalinya hadir di THAIFEX – Anuga Asia. Peserta pameran internasional menempati area pameran yang 12 persen lebih luas dibandingkan edisi sebelumnya, dan jumlah negara/kelompok provinsi yang berpartisipasi meningkat dari 39 pada tahun 2023 menjadi 57 pada tahun 2024.

Mathias Kuepper, Managing Director dan VP Asia-Pacific Koelnmesse, menyatakan bahwa THAIFEX – Anuga Asia semakin membuktikan signifikansi internasionalnya dengan menarik minat peserta dari seluruh penjuru dunia. Acara ini tidak hanya menjadi ajang pameran produk makanan dan minuman, tetapi juga membangun koneksi industri yang bermakna. Selama satu abad terakhir, Koelnmesse telah berperan penting dalam membangun hubungan dagang melalui penyelenggaraan acara-acara seperti THAIFEX – Anuga Asia.

BACA JUGA:   HIMKI Gelar Roadshow Sosialisasi IFEX 2018

Pameran tahun ini menampilkan beragam program menarik, termasuk 11 pameran dagang unggulan, 11 tren terkini, 6 pertunjukan khusus, dan 3 program pendukung. Program hosted buyer yang disponsori khusus berhasil mendatangkan 1.935 pembeli potensial dari 46 negara. Diskusi Future Food Experience+ menghadirkan 33 pembicara tamu dan 13 presenter startup yang membahas topik-topik seputar inovasi dalam industri makanan dan minuman. Kompetisi Thailand Ultimate Chef Challenge juga menjadi daya tarik tersendiri dengan mempertemukan lebih dari 434 chef berbakat dari berbagai negara.

Selain menjadi platform untuk memamerkan produk, THAIFEX – Anuga Asia juga memfasilitasi transaksi bisnis yang menguntungkan. Joel Leong, Regional Business Head Surya Foods, mengungkapkan bahwa perusahaannya telah menjalin kerja sama dengan lebih dari 50 pemasok dalam acara ini. Banyak peserta pameran yang melaporkan pertemuan dengan calon pembeli potensial tidak hanya dari Asia, tetapi juga dari Eropa, Australia, Selandia Baru, Afrika, dan Amerika.

Pameran ini juga menjadi saksi lahirnya berbagai kemitraan strategis. Departemen Pertanian Amerika Serikat (USDA) secara resmi mendukung THAIFEX – Anuga Asia sebagai mitra dagang mulai tahun 2025. Hal ini bertujuan untuk memperluas peluang perdagangan internasional bagi perusahaan makanan dan minuman AS di pasar Asia. Polandia juga memperkuat hubungan bilateral dengan Thailand melalui pengiriman delegasi besar dan sesi business matching. Norwegian Seafood Council meluncurkan laporan tren konsumen makanan laut tahunan mereka dan melaporkan pertumbuhan ekspor yang signifikan ke Thailand.

BACA JUGA:   Presiden Minta Infrastruktur di Destinasi Super Prioritas Rampung 2020

THAIFEX – Anuga Asia 2024 tidak hanya berdampak pada sektor bisnis, tetapi juga berkontribusi terhadap pertumbuhan ekonomi dan perkembangan regional. Pameran ini mendorong peningkatan aktivitas pariwisata dan perhotelan di Thailand. Sesi business matching yang diadakan memfasilitasi kemitraan dan kolaborasi yang berharga, semakin memperluas jangkauan perusahaan-perusahaan yang berpartisipasi.

Wendy Lim, General Manager – Food & Food Technology Exhibitions Asia-Pacific Koelnmesse, mengungkapkan bahwa minat peserta pameran internasional untuk memperluas kehadiran mereka di THAIFEX – Anuga Asia 2025 sangatlah tinggi. Hal ini didorong oleh manfaat besar dan kesuksesan yang mereka raih dalam acara tahun ini. Pavilion Italia berencana untuk menggandakan luas area pameran mereka, sementara Malaysia Business Group dan Pavilion Makau juga akan meningkatkan partisipasi mereka secara signifikan.

BACA JUGA:   Indonesia Fashion & Craft Expo 2017 Target Transaksi Rp15 Miliar

Keberhasilan acara tahun ini semakin mengukuhkan posisi THAIFEX – Anuga Asia sebagai pameran dagang makanan dan minuman terkemuka di Asia. Dengan jumlah peserta pameran dan pengunjung yang terus meningkat, acara ini menjadi bukti nyata potensi besar industri kuliner global. THAIFEX – Anuga Asia tidak hanya menjadi gerbang bagi pelaku bisnis untuk memasuki pasar Asia, tetapi juga memberikan kesempatan bagi negara-negara di kawasan untuk mempromosikan produk kuliner mereka ke tingkat internasional.

Melalui inovasi, kemitraan strategis, dan pertukaran pengetahuan, THAIFEX – Anuga Asia 2024 berhasil mencetak rekor baru dalam hal jumlah peserta pameran internasional dan pengunjung. Acara ini semakin memantapkan posisi Thailand sebagai hub kuliner di Asia dan menjadi platform ideal bagi pelaku industri untuk menjelajahi peluang bisnis di kancah global. Dengan persiapan yang matang dan dukungan dari berbagai pihak, THAIFEX – Anuga Asia akan terus menjadi pendorong pertumbuhan industri makanan dan minuman di tahun-tahun mendatang.