Malang Fashion Week 2020 Hadirkan Fashion Show Virtual

Friday, 06 November 20 Bonita Ningsih
Malang Fashion Week

Pandemi COVID-19 tak menghalangi penyelenggaraan Malang Fashion Week (MFW) 2020. Digelar untuk ketiga kalinya, Malang Fashion Week 2020 akan digelar secara virtual melalui kanal YouTube Malang Fashion Week pada tanggal 6-8 November 2020.

“Seorang kreator dituntut untuk menghasilkan karya dalam situasi apa pun, termasuk saat pandemi. Oleh karena itu, kami sepakat menggelar kegiatan ini dengan konsep yang berbeda,” kata Agus Sunandar, Ketua Pelaksana Malang Fashion Week 2020.

Malang Fashion Week 2020 mengambil tema “Enigmatic” yang diartikan sebagai sesuatu yang sulit untuk dimengerti dan sebuah ketidakpastian. Tema ini juga mengacu pada prinsip sustainability (keberlanjutan) yang tengah menjadi isu di kalangan industri fesyen. Dengan mengedepankan prinsip keberlanjutan, diharapkan dapat mempertahankan kelangsungan hidup para pelaku fesyen dan masyarakat dunia.

“Makna dari tema tersebut juga dapat memberikan semangat kepada seluruh pelaku industri kreatif fesyen untuk terus bertahan dan bangkit di industri ini,” Agus menambahkan.

Difasilitasi oleh pemerintah daerah dan Bank Indonesia Malang, Malang Fashion Week 2020 memiliki tujuan utama untuk memajukan industri fesyen Indonesia, khususnya di kota Malang. Malang Fashion Week juga dapat menjadi wadah bersama bagi pelaku industri kreatif fesyen untuk berkolaborasi antar-sesama pelaku fesyen. Selain itu, kegiatan ini juga sebagai salah satu cara mendukung program Pemkot Malang untuk menguatkan predikat sebagai kota kreatif di Indonesia berstandar internasional.

“Seperti yang kita ketahui bahwa Malang dikenal sebagai kota kreatif di Indonesia, makanya pemkot setempat ingin menjaga predikat tersebut,” ucapnya lagi.

Selama tiga hari, Malang Fashion Week 2020 akan menghadirkan berbagai kegiatan menarik, seperti virtual fashion show, webinar nasional terkait fesyen di era new normal, kompetisi faceicon, dan juga fesyen ilustrasi. Untuk kegiatan virtual fashion show akan disiarkan secara tapping atau direkam terlebih dahulu baru disiarkan saat hari acara. Terdapat 51 desainer dari Indonesia dan juga internasional yang akan hadir dalam pergelaran kali ini. Virtual fashion show akan digelar setiap hari mulai pukul 13.00-15.00 WIB.

“Tiap tahunnya, acara ini selalu mengundang desainer dari luar negeri, dan untuk tahun ini kita menghadirkan desainer dari Malaysia dan Australia. Untuk desainer Indonesia yang akan hadir di antaranya Ali Charisma, Gregorius Vici, dan Anne Avantie,” ujar Agus.