Mengintip Peluang Indonesia sebagai Destinasi MICE Asia

Thursday, 28 December 17   70 Views   0 Comments   Harry Purnama
Mice discovery 2018

Indonesia merupakan salah satu tujuan pariwisata dunia yang menawarkan sebagai keragaman daya tarik destinasi, baik untuk tujuan pelesir maupun bisnis. Menjawab tantangan akan meningkatnya motivasi wisatawan untuk pelesir sekaligus bisnis, Kementerian Pariwisata Republik Indonesia mencanangkan 16 destinasi MICE (Meeting, Incentive, Convention, Exhibition). Padatnya kalender acara tahunan kegiatan pariwisata Indonesia di tiap tahunnya menarik untuk selalu dinanti oleh para wisatawan mancanegara maupun domestik.

Berdasar keberhasilan seminar MICE Discovery 2015 “Connecting the Element of MICE Industry” serta MICE Discovery 2016 dengan tema “Connecting the Element of MICE Industry to Face the Challenge of AEC 2016”, serta MICE Discovery 2017 “Elevating Indonesia’s MICE Industry through the Runway of Special Events”, mahasiswa-mahasiswa Diploma 4 Usaha Perjalanan Wisata angkatan 2015 Sekolah Tinggi Pariwisata Trisakti kembali menyelenggarakan seminar dan pameran MICE Discovery 2018 dengan mengangkat tema “Indonesia: Asia’s Next Top MICE Destination”. Acara ini akan diadakan pada 12 Januari 2018 di Auditorium Sekolah Tinggi Pariwisata Trisakti.

Seminar ini bertujuan mendukung pemerintah, asosiasi, perusahaan, serta pendidikan dalam menyebarluaskan pemahaman lebih mendalam mengenai industri MICE secara efektif dalam mendongkrak arus pertumbuhan ekonomi nasional melalui peningkatan pengunjung mancanegara maupun domestik. Adapun para pembicara yang akan hadir antara lain Ketua Umum INCCA Dr. Iqbal Alan Abdullah, M.Sc. CMMC, CEO Puntama Convex Wisnu Budi Sulaeman, S.ST., CMMC., akademisi MICE Dr. Christina L. Rudatin, serta Nurdin Al Fahmi dan Nurhayati, SE., M.M., dari majalah VENUE. Acara ini akan dimoderatori oleh akademisi MICE Sekolah Tinggi Pariwisata Trisakti, Monalisa Eka Shinta, S.ST., M.Par.

Seminar MICE Discovery edisi keempat ini didukung oleh Kementerian Pariwisata, Asosiasi HPI dan ITLA, serta berbagai perusahaan, di antaranya Mandom Indonesia, Aqua, Frisian Flag, Dunia Masak, Tessa, DCP Footwear, dan The Clinic.

Adapun rangkaian acara promosi yang telah dilakukan sebelumnya adalah “Beauty Class with EMINA” yang diikuti oleh 100 peserta pada 5-6 Desember 2017. Selain itu, nantinya juga akan ada pameran MICE Discovery 2018 pada 11-12 Januari 2018.

Seminar The Quattro of MICE Discovery 2018 akan dihadiri 450 peserta yang berasal dari siswa-siswi, mahasiswa-mahasiswi, guru-guru Sekolah Menengah Atas/Kejuruan Pariwisata dan Perhotelan, akademisi dari berbagai perguruan tinggi, khususnya yang terkait dengan industri MICE, serta para profesional dari event organizer (EO), professional convention organizer (PCO), maupun professional exhibition organizer (PEO) se-Indonesia.

Terdapat berbagai door prize menarik bagi peserta yang beruntung di pengujung acara. Akan ada juga penampilan spesial dari Miss Indonesia Maluku 2017, yaitu Stela Natalia Mulia. Selain itu, pada acara ini juga akan ada penampilan berbagai Unit kegiatan Mahasiswa (UKM) Sekolah Tinggi Pariwisata Trisakti, di antaranya GSP (Gema Suara Pesona), TIAT (Tourism in Art Trisakti), dan TRADE (Tradisional Dance) yang menarikan tarian tradisional Indonesia.