The 5th MICE Discovery Incentive Travel: Necessity Beyond Luxury

Thursday, 26 April 18   34 Views   0 Comments   Harry Purnama
MICE Discovery 2018

Indonesia merupakan negara kepulauan yang semakin dilirik wisatawan oleh karena memiliki kekayaan wisata alam dan buatan. Pariwisata Indonesia tumbuh sebagai industri yang berkembang pesat dan menjadi salah satu tujuan pariwisata dunia yang menawarkan beragam daya tarik wisata. Pengembangan sektor pariwisata Indonesia tidak terlepas dari sektor wisata bisnis, yaitu usaha jasa MICE (Meeting, Incentive, Convention, Exhibition). Pemerintah telah menempatkan MICE sebagai produk unggulan pariwisata nasional karena berhasil meningkatkan kunjungan wisatawan yang tentunya turut berkontribusi dalam meningkatkan pendapatan devisa negara.

Hasil penelitian dari pemetaan destinasi MICE, Indonesia memiliki keunggulan di sektor incentive travel (wisata insentif). Setidaknya, dari 16 destinasi MICE yang ditetapkan oleh Kementerian Pariwisata mayoritas memiliki potensi yang kuat di bidang wisata insentif. Di Indonesia, konsep perjalanan wisata insentif masih belum dipahami secara teknis oleh SDM pariwisata serta minim pengetahuan dan pengembangannya, begitu pula dengan pelaku usahanya. Padahal Indonesia memiliki keindahan alam luar biasa, potensi budaya beragam dan keramah-tamahan yang dapat ditawarkan kepada perusahaan-perusahaan besar nasional maupun internasional.

MICE Discovery yang terdiri dari seminar dan pameran telah sukses diadakan selama empat tahun berturut-turut mulai dari 2015. Kini, mahasiswa-mahasiswi Diploma 4 Usaha Perjalanan Wisata angkatan 2014 Sekolah Tinggi Pariwisata Trisakti akan menyelenggarakan Seminar “MICE DISCOVERY” yang ke-lima dengan mengangkat pembahasan mengenai peluang usaha industri MICE dalam tema “Incentive Travel: Necessity Beyond Luxury” yang diadakan pada 7 Mei 2018 di Auditorium Sekolah Tinggi Pariwisata Trisakti, Jl. IKPN Bintaro No. 1, Tanah Kusir, Jakarta Selatan. Sedangkan untuk pameran diselenggarakan pada 7-8 Mei 2018. Seminar ini mendapat dukungan dari berbagai pihak serta diliput oleh berbagai media nasional.

Seminar dan pameran MICE Discovery sangat dinanti oleh para pelajar beserta guru SMA/SMK, para akademisi, praktisi, awak media bisnis pariwisata, serta asosiasi dan instansi terkait MICE di Indonesia. Seminar ini bertujuan mengedukasi para SDM Pariwisata untuk memahami pentingnya pengetahuan dasar MICE, sertifikasi kompetensi yang wajib dimiliki untuk bergelut di bidang MICE, strategi sukses penyelenggaraan wisata insentif maupun kebijakan terkait MICE di Indonesia. Seminar ini turut menjadi gerbang awal para calon mahasiswa/i yang tertarik untuk mendalami ilmu pariwisata, khususnya MICE, di STP Trisakti.

Pembicara terdiri dari akademisi sekaligus asesor MICE Sudarno, SE., M.Si.; Kepala Bidang Wisata Buatan Kementerian Pariwisata Republik Indonesia Drs. Aranyaka Dananjaya Axioma, MA; dan Director of External Relations Pacific World Nusantara Ida Bagus Lolec secara khusus akan menjadi warna baru di Seminar MICE DISCOVERY, karena pada penyelenggaraan MICE DISCOVERY jilid 1 sampai dengan 4 belum pernah dibahas secara mendalam untuk topik wisata insentif. Seminar ini dimoderatori oleh dosen manajemen acara Sekolah Tinggi Pariwisata Trisakti sekaligus steering committee MICE DISCOVERY 2015-2018, yakni Monalisa Eka Shinta, S.ST., M.Par.

Dalam rangkaian acara Dies Natalies Sekolah Tinggi Pariwisata Trisakti ke-49 tahun, seminar The 5th MICE DISCOVERY akan dihadiri oleh 450 peserta. Biaya partisipasi sebagai peserta seminar THE 5th MICE DISCOVERY yaitu senilai Rp55.000 untuk pelajar, sedangkan untuk para professional dikenakan biaya pendaftaran senilai Rp70.000. Fasilitas yang dapat diperoleh dalam seminar ini antara lain sertifikat, seminar kit, dan snack box. Pertunjukan hiburan oleh berbagai Unit Kegiatan Mahasiswa STP TRISAKTI dengan segudang prestasi internasional akan menjadi daya tarik tersendiri dalam seminar MICE DISCOVERY. Terdapat berbagai hadiah menarik bagi peserta yang beruntung.