Nikmati Pekan Raya Fair Secara Virtual di Indonesia Virtual Fair 2021

Thursday, 25 February 21 Bonita Ningsih
Indonesia Virtual Fair

Pandemi COVID-19 menumbuhkan inovasi dan kreativitas seseorang untuk tetap menghasilkan cuan, salah satunya dengan memanfaatkan kecanggihan teknologi IOT (internet of thing). Peluang tersebut dimanfaatkan dengan baik oleh Ronald Kamijaya, seorang desainer dan pemilik perusahaan kontraktor stan pameran.

Pada tahun 2020, Ronald mengembangkan bisnisnya ke start-up dengan konsep virtual exhibition. Alasannya, selama pandemi, banyak acara yang ditangguhkan pemerintah sehingga bisnis kontraktor pamerannya tidak berjalan dengan baik.

“Kami mencoba untuk terus berinovasi dengan memanfaatkan teknologi informasi terkini, meskipun kondisi ekonomi masih belum stabil. Dengan teknologi ini, kami memiliki keinginan untuk terus membantu masyarakat khususnya UKM untuk keluar dari keterpurukan ini,” jelas Ronald.

Inovasi tersebut dituangkan Ronald ke dalam sebuah kegiatan event virtual bernama Indonesia Virtual Fair 2021 (Indo V-Fair). Acara yang akan digelar pada 16 April-15 Juni 2021 ini memadukan kegiatan belanja, jalan-jalan, dan hiburan layaknya berada di sebuah pekan raya.

BACA JUGA:   GATF Fase Kedua Hadirkan Perjalanan Umrah dengan Harga Terbaik

“Dari awal masuk area, kalian akan disambut greeting khas pekan raya, serta lalu-lalang SPG dan SPB sambil menawarkan produknya. Nantinya, mereka juga akan menggiring setiap visitor untuk datang ke booth mereka,” ucap Ronald.

Pelaksanaan Indo V-Fair 2021 mengadopsi fitur FPV (First Person View) dan menjadi terobosan pertama di Indonesia. Fitur ini dinilai lebih mampu mengoptimalkan pengalaman menjelajah dunia virtual dan mudah digunakan karena dapat diakses melalui aplikasi khusus di gadget.

Indo V-fair memiliki total luas lahan 25 hektare yang akan dibagi menjadi beberapa area dan klaster. Setiap klaster terdiri dari beberapa booth template dengan desain kekinian. Setiap tenant juga berhak untuk melakukan custom booth sesuai dengan karakteristik masing-masing.

BACA JUGA:   IndoBuildTech Surabaya 2017 Targetkan Transaksi Rp20 Miliar

Pihak penyelenggara juga akan memberikan apresiasi bagi para tenant dengan memberikan hadiah bagi booth terbaik setiap bulannya. Pemenang akan ditentukan melalui vote yang dilakukan oleh pengunjung setiap kali melakukan kunjungannya.

“Ini akan menjadi pameran virtual terbesar di Indonesia karena kami mampu menyediakan 1.110 slot untuk para tenant yang ingin berpartisipasi dalam acara ini,” dia menambahkan.

Mengusung tema “Experiencing is Believing”, Indo V-Fair 2021 akan menghadirkan beberapa spot untuk videotron, zepelin, dan truck ads untuk mengobati kerinduan akan physical event. Suasana pekan raya akan semakin lengkap dengan beragam promosi, potongan harga, hadiah, permainan, dan gimmick lainnya.

BACA JUGA:   Keramika dan Megabuild Indonesia 2017 Kembali Hadir dan Berkembang

Pengunjung juga dapat menikmati aneka hiburan menarik dengan hadirnya main stage yang megah dan futuristik. Di sini, para sponsor dan tenant dapat menyelenggarakan acara seperti lelang barang, short movie, pertunjukan musik, hingga talkshow.

“Kami percaya Indo V-Fair mampu menghadirkan atmosfer pekan raya pertama dalam bentuk virtual. Meskipun hanya secara virtual, tetapi feel yang didapat tidak jauh beda dengan pekan raya sesungguhnya. Dengan semangat beradaptasi, kami yakin konsep virtual event ini dapat menjaga kelangsungan hidup penggiat event di Indonesia,” kata Ronald.