Oceanman Bali 2023 Asian Championship Percepat Target Kunjungan Wisatawan Mancanegara

Thursday, 06 July 23 Bonita Ningsih

Event olahraga air, Oceanman Bali 2023 Asian Championship, akan segera digelar pada tanggal 7-9 Juli 2023 di Intercontinental Bali Resort. Selain memajukan sport tourism, event ini diharapkan dapat membangkitkan ekonomi dan membuka lapangan kerja.

Felix Susanto, Founder Oceanman Indonesia, mengatakan event ini sudah memasuki tahun kedua penyelenggaraan dan akan dihadiri oleh 700 peserta dari 29 negara dunia. Menurutnya, jumlah peserta tahun ini mengalami kenaikan dari tahun sebelumnya karena situasi pandemi yang mulai mereda.

“Acara ini akan menjadi Asian series untuk kejuaraan di benua Asia. Jadinya, masyarakat dari negara lain yang sudah juara Eropa sangat antusias ikut acara ini agar bisa menjadi juara di benua Asia,” kata Felix.

Sementara itu, Co-founder Oceanman Indonesia Albert Sutanto, mengatakan bahwa dengan banyaknya peserta dari berbagai negara, acara ini mampu menjadi wadah terbaik untuk mempromosikan pariwisata Indonesia. Apalagi, menurutnya, acara tahun ini akan melibatkan peserta keluarga mulai dari orang tua dan anak-anak.

BACA JUGA:   Benih yang Bernilai, Tontonan Sehat Untuk Anak Zaman Now

“Kami merancang acara ini bukan hanya untuk profesional saja, tetapi, juga untuk amatiran. Dengan tujuan mengajak banyak orang untuk berlomba sekaligus melihat pariwisata di Indonesia,” ungkap Albert.

Ia juga menjelaskan ada lima kategori kompetisi yang akan diperlombakan dalam Oceanman Bali 2023 Asian Championship. Kategori pertama adalah Oceanman 10 Kilometers, Half Oceanman 5 Kilometers, Sprint Oceanman 2 Kilometers, Ocean Kids 1 Kilometer, dan Relay. 

“Relay ini merupakan kompetisi 3 x 500 meter dan diperuntukkan untuk keluarga,” dia menambahkan.

Melihat potensi tersebut, Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Kemenparekraf), ikut serta membantu mempromosikan acara ini melalui agenda “The Weekly Brief With Sandi Uno”. Kegiatan ini dianggap dapat meningkatkan sektor ekonomi kreatif karena melibatkan banyak pelaku UMKM di Bali.

BACA JUGA:   Discover Qatar Tawarkan Paket Perjalanan Premium Penggemar F1® 

“Tahun lalu saya sempat ikut acara ini dan ternyata sukses walaupun saya sempat khawatir karena masih dalam kondisi COVID-19. Melalui event ini banyak produk UMKM yang ditampilkan seperti kopi, makanan dan lainnya,” ucap Sandiaga Salahuddin Uno, Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif.

Menurutnya, sebagai negara kepulauan, Indonesia memiliki potensi yang besar dalam menghadirkan event olahraga dengan tema open water swimming seperti Oceanman. Acara ini berpeluang meningkatkan potensi wisata bahari dan wisata olahraga yang ada di Indonesia.

BACA JUGA:   Kali Ketiga Indonesia Berpartisipasi di Pameran Musik Amerika

Selain promosi, Kemenparekraf, juga mendukung acara ini dengan memperluas jejaring di daerah lain selain Bali. Direktur Event Daerah Kemenparekraf, Reza Fahlevi, mengatakan pihaknya akan mendorong acara ini ke daerah lainnya agar dapat tumbuh di seluruh wilayah nusantara. 

“Tentunya juga didukung dengan operator-operator daerah yang profesional agar event bagus seperti ini jauh lebih banyak lagi. Dengan demikian, akan mempercepat target kunjungan wisman dan juga menambah pergerakan wisnus di Indonesia,” ujar Reza.