Pameran Dagang Industri Halal JHEC Siap Digelar Agustus Mendatang

Friday, 23 February 24 Bonita Ningsih

Pemerintah berkomitmen ingin menjadikan Indonesia sebagai pusat industri halal di dunia pada tahun 2024. Selain memiliki penduduk dengan mayoritas muslim, cita-cita tersebut didasari dengan semakin meningkatnya penjualan produk halal di Indonesia. 

Berdasarkan hal tersebut, Komunitas Pengusaha Muslim Indonesia (KPMI) bersama Lima Event meluncurkan sebuah event bernama Jakarta Halal Expo and Conference exhibition (JHEC). Event yang digelar untuk memperkuat ekosistem halal dan meningkatkan eskalasi industri halal, ekonomi dan keuangan syariah ini akan diselenggarakan pada 30 Agustus hingga 1 September 2024 di ICE BSD, Tangerang.

Lucky Cahyo Kencono, Sekretaris Jenderal KPMI, mengatakan bahwa JHEC rencananya akan berkonjungsi bersama Muslim Life Fest yang sudah digelar sejak 2019 silam. JHEC merupakan pameran dagang berkonsep Bussiness to Bussiness (B2B) yang akan mempertemukan buyer dan seller berskala internasional.

BACA JUGA:   Kemenparekraf: Jakarta Menjadi Tempat Ideal Untuk Gelar Pameran B2C

“JHEC ini akan menjadi oase para pelaku bisnis dalam meningkatkan jejaring dan memperkuat kapasitas manajemen bisnisnya yang berskala global,” kata Lucky saat konferensi pers di Jakarta, beberapa waktu lalu.

Selain pameran dagang multiproduk yang terkurasi kualitasnya, JHEC, juga akan menghadirkan serangkaian program menarik di dalamnya. Beberapa di antaranya adalah konferensi bisnis, seminar, workshop, business matchmaking, dan misi datang antar negara.

Ketua KPMI Pusat, Rachmat Sutarnas Marpaung, menambahkan bahwa JHEC juga akan menjadi wadah bagi pelaku bisnis untuk mengetahui perkembangan industri halal di tengah situasi global yang sulit diprediksi. Pasalnya, pelaku bisnis harus dapat melihat peluang dan memiliki ketahanan dalam menghadapi berbagai masalah yang akan terjadi saat ini dan ke depannya. 

BACA JUGA:   DXI 2024 Tingkatkan Kualitas dan Keberagaman Program

“Selama JHEC, kami berikhtiar meningkatkan kolaborasi dan kerja sama melalui forum-forum bisnis dari berbagai sektor,” Rachmat menambahkan.

Pelaku bisnis dapat menghadirkan sejumlah forum yang akan dihadirkan seperti Halal Food & Beverage, Moslem Modest Fashion, General Business Forum, Halal Cosmetic & Pharmaceutical Forum, Moslem Friendly Travel Forum. Selanjutnya, akan diadakan Sustainable Agriculture Forum hingga Islamic Finance (Fintech Start-up and Digital Banking Forum).

BACA JUGA:   Belasan Promo Menarik di Garuda Indonesia Travel Fair 2017

Tak hanya pelaku bisnis saja, JHEC, juga akan dibuka untuk masyarakat umum pada hari terakhir penyelenggaraan. Di sini, pengunjung akan disuguhkan dengan berbagai kompetisi seperti Coffee Cupping, Cross Countries Cooking Demos, Start-up Competition & pitching program, dan sebagainya.