Pameran Tematik Karya Arsitek Muda Hadir di ARCH:ID 2022

Wednesday, 15 December 21 Bonita Ningsih

Festival arsitektur, ARCH:ID, akan segera hadir pada 2-5 Juni 2022 di Indonesia Convention Exhibition (ICE) BSD City, Tangerang. Acara persembahan Ikatan Arsitek Indonesia (IAI) bersama dengan PT Citra Inovasi Strategi (CIS) Exhibition ini akan menghadirkan serangkaian program untuk memuaskan para pengunjung.

Rangkaian program akan di mulai sebelum puncak acara tiba yaitu dengan menghadirkan kegiatan seminar online. Kegiatan ini nantinya akan melibatkan anggota IAI provinsi yang bertugas sebagai narasumber. Topik yang akan dibahas sesuai dengan permasalahan masa kini sehingga diharapkan kegiatan ini dapat menjadi forum diskusi antar arsitek di seluruh Indonesia.

Pada puncak acara, ARCH:ID 2022 akan menampilkan sebuah pameran yang menonjolkan sisi arsitektur dengan booth terbaiknya. Rancangan setiap booth pameran juga akan melibatkan para arsitek dengan menampilkan produk-produk dari industri besar hingga lokal.

BACA JUGA:   Indonesia Wellness and Health Tourism Expo 2022 Hadir Perdana di Mal Jakarta

“Setiap desain booth juga akan melewati akurasi dari para kurator pameran. Di sini, kita memiliki tiga kurator yang berasal dari tiga daerah berbeda yaitu Jakarta-Salatiga, Medan, dan Surabaya,” jelas Theresia Asri W. Purnomo, Kepala Badan Sistem Informasi dan Kemitraan IAI.

Kemudian akan ada konferensi yang menjadi wadah dialog berkelanjutan antara Arsitek dan para pelaku industri arsitektur di Indonesia. Dialog ini menjadi penting dilakukan untuk membangun kerangka jangka menengah dan jangka panjang. 

BACA JUGA:   Kemenparekraf Dukung Road to JMFW 2024 Melalui Seminar dan Kurasi Desainer

Dengan begitu, diharapkan kegiatan ini dapat membentuk sinergi yang baik sehingga tercipta suatu ekosistem untuk memajukan industri arsitektur di Indonesia. Konferensi ARCH:ID 2022 akan diselenggarakan selama 2 hari dengan menghadirkan pembicara berkualitas dari dalam dan luar negeri.

“Sistem konferensi ini akan kita buat secara hybrid agar banyak pembicara dari luar negeri,” ujar Aci begitu sapaan akrabnya.

Program yang menjadi andalan di ARCH:ID adalah Featured Exhibition, sebuah pameran tematik karya arsitek muda pilihan. Featured Exhibition akan menampilkan karya seni instalasi arsitektur dengan konten seperti showcase arsitek dan arsitektur Indonesia, showcase dari kurator, memorial wall untuk salah satu inisiator ARCH:ID, dan lain sebagainya.

BACA JUGA:   Busworld Southeast Asia Dijadikan Wadah Untuk Meluncurkan Inovasi Baru

Penyelenggaraan ARCH:ID 2022 menargetkan pengunjung dari kalangan profesional seperti arsitek, kontraktor, pengembang properti, desainer interior, institusi pemerintah,  distributor, agen, importir, eksportir, akademisi, serta semua pihak berkaitan arsitektur. Tujuan dari acara ini adalah  membangun relasi bisnis, networking, knowledge-sharing, hingga mengambil peran untuk membangun arsitektur di Indonesia.