Panorama Destination Berpartisipasi di MATKA Travel Mart 2019

Monday, 28 January 19   14 Views   0 Comments   Herry Drajat
Panorama Destination

Di awal tahun ini, Panorama Destination atau PT Destinasi Tirta Nusantara Tbk. berpartisipasi pada ajang MATKA Travel Fair 2019 yang berlangsung 16-19 Januari 2019 di Helsinki, Finlandia.

MATKA adalah ajang travel mart serupa dengan Vakantibeurs, di mana Indonesia mendapatkan penghargaan Reisraag Awards sebagai “The Best Destination” pada tahun ini. Perbedaannya adalah pada area wisatawan yang dijaring. Vakantibeurs menjaring wisatawan dari negara Benelux (Belgia, Nederlan, Luxemburg), sementara MATKA menjaring wisatawan dari daerah Nordic (Norwegia, Finlandia, Swedia, dan Denmark).

Panorama Destination memiliki lebih dari 50% pangsa pasar dari Eropa, khususnya Eropa Barat. Sistem penjualan yang digunakan adalah business to business (B2B), yaitu dengan bekerja sama dengan travel agent setempat. Panorama Destination membangun koneksi untuk menjaring wisatawan ke Indonesia melalui mitra travel agent di negara asal melalui travel fair/travel mart dan secara konsisten telah mendatangkan wisatawan mancanegara dari banyak belahan dunia selama lebih dari 40 tahun.

Ricardo Setiawanto, Direktur Panorama Destination, mengatakan, “Melalui travel mart MATKA, kami berhasil menjaring mitra travel agent dan tamu dari negara-negara di area Nordic (Denmark, Finlandia, Norwegia, dan Swedia). Potensinya besar karena negara-negara di Nordic kaya dan penduduknya makmur, namun memang terkendala dengan jarak yang jauh, maka kita harus pandai dalam mengombinasikan Indonesia dan beberapa negara di ASEAN agar jarak yang jauh terbayar dengan pengalaman wisman di beberapa negara ASEAN, khususnya Indonesia.”

Agar dapat melayani wisatawan secara maksimal, Panorama Destination juga berencana menyiapkan kantor operasional pada negara yang dijadikan kombinasi destinasi wisatanya dengan destinasi di Indonesia, yaitu di Malaysia dan Vietnam.

“Karena itulah kami membuka kantor operasi di Malaysia dan diproyeksikan pada Q3 kami juga akan membuka kantor operasional di Vietnam yang berpusat di Ho Chi Minh City,” ujar Ricardo Setiawanto.

Wisatawan mancanegara yang datang ke Indonesia menunjukkan pertumbuhan yang kuat dari tahun ke tahun. Tercatat peningkatan 11,63% kedatangan wisman pada periode Januari hingga November 2018 dibanding periode yang sama di tahun 2017. Melihat pertumbuhan yang positif ini, Panorama Destination akan mendorong peningkatan kunjungan wisman ke Indonesia sebagaimana menjadi target pemerintah untuk mencapai 20 juta kunjungan wisman pada tahun 2019 ini.