Pantai Walakiri Dipenuhi Parade 1001 Kuda Sandelwood

Tuesday, 17 July 18 Harry Purnama
Parade 1001 Kuda Sandelwood

Pulau Sumba menunjukkan keeksotisannya. Wisatawan tumpah ruah untuk menyaksikan Parade 1001 Kuda Sandelwood yang dipusatkan di Pantai Walakiri, Sumba Timur.

I Gde Pitana, Deputi Bidang Pengembangan Pemasaran I Kementerian Pariwisata, juga memuji pelaksanaan event ini. “Parade 1001 Kuda Sandelwood ini unik. Hanya ada di Sumba. Event ini bisa menghadirkan banyak wisatawan,” ujar Pitana.

Pitana mengatakan, event yang dirangkai dengan Festival Tenun Ikat ini dapat terus berkembang. “Jangan lupa untuk datang minggu kedua Juli tahun depan. Acaranya seru, dan akan lebih baik tahun depan,” kata Pitana.

Marius Jelamu, Kepala Dinas Pariwisata Provinsi NTT, mengatakan, pergelaran Parade 1001 Kuda Sandelwood adalah bukti keindahan Sumba.

“Inilah persembahan Sumba untuk Indonesia. Event ini branding yang baik untuk Sumba. Dan dari event ini banyak wisatawan yang hadir,” ujar Marius.

Respons positif juga diberikan Menteri Pariwisata Arief Yahya. Arief mengatakan, kegiatan yang terencana akan menghasilkan hasil yang baik. “Parade 1001 Kuda Sandelwood ini sangat unik. Kuat akan nilai budaya. Nilai jualnya juga tinggi. Namun, jika dikemas dengan lebih baik, wisatawan mancanegara yang datang pun akan lebih banyak. Dengan keindahan alam yang dimilikinya, Sumba memang harus diperkaya atraksinya agar lebih berkualitas,” ujar Arief.