POPCON Asia 2018 Diselenggarakan dengan Skala Lebih Besar

Monday, 16 July 18   13 Views   0 Comments   Herry Drajat
POPCON Asia 2018

POPCON Asia 2018 yang merupakan perhelatan pop culture berskala internasional akan diselenggarakan di ICE, BSD, Tangerang Selatan, pada 22-23 September 2018. Penyelenggaraan POPCON Asia yang ketujuh kalinya ini akan mengangkat tema “Clash of Pop” dan akan dilaksanakan dengan skala yang lebih besar dibanding tahun sebelumnya.

Popular Culture Convention Asia atau POPCON Asia adalah festival untuk konten terkait industri kreatif, terutama komik, mainan, film dan animasi dari kreator lokal dan internasional. Tujuan event ini adalah untuk mengembangkan hak kekayaan intelektual para kreator Indonesia. Pemilihan tema “Clash Pop”  pada penyelenggaraan kali ini adalah dengan harapan semua pihak bisa saling beradu kreatif sehingga akan menambah motivasi untuk terus berkarya.

Agar bisa mengakomodir seluruh pelaku industri kreatif di Tanah Air, khususnya pop culture, POPCON Asia menggandeng penggiat dan kreator; fans dan penikmat; pemerintah, serta brand yang diharapkan bisa terjadi adanya kolaborasi karya. Saat ini POPCON Asia 2018 juga menjadi wadah bagi para pelaku industri perfilman di Tanah Air untuk bertemu dengan penonton serta fans.

Yenny Wangsawidjaja, Managing Director POPCON Inc, mengatakan, “Kami menyadari bahwa untuk menjadi wadah bagi segenap pelaku industri kreatif Tanah Air, khususnya pop culture, kami harus bisa mengakomodasi beberapa pihak yang terlibat. Oleh karena itu, penyelenggaraan POPCON Asia 2018 mencoba menggandeng penggiat dan kreator, fans dan penikmat, pemerintah serta tak ketinggalan tentu saja brand yang memungkinkan adanya kolaborasi karya. POPCON Asia 2018 kami rancang dengan tema “Clash Of Pop” sehingga semua pihak bisa beradu tidak dalam makna negatif melainkan untuk semakin termotivasi untuk berkarya.”

Pada penyelenggaraan nanti akan ada beberapa acara seperti Doodle Battle berupa kompetisi menggambar dalam kemasan yang lebih unik, POPCON Cosplay Challenge yaitu ajang kreativitas membuat kostum serta performing di panggung yang akan memperebutkan total hadiah sebesar Rp36 juta, serta POPCONNECT yang merupakan sarana untuk mempertemukan para kreator lokal dengan calon investor yang hadir.

Event ini juga akan diramaikan para POPSTAR yang namanya sudah dikenal di dunia internasional, seperti Kael Ngu, konsep artis dan illustrator asal Malaysia yang membuat cover varian DC Comics serta Justice League; Mico Suayan, komikus asal Filipina yang terlibat dalam pembuatan komik Marvel; Ronny Gani, founder Bengkel Animasi yang terlibat dalam pembuatan beberapa film produksi Hollywood; Monez Gusmang, ilustrator asal Bali yang merupakan ilustrator pertama asal Indonesia menjadi duta Apple Inc. Konten menarik lainnya yang akan ditampilkan adalah pemutaran film, pertandingan e-sport, dan konser musik.