Promosi Pariwisata di Festival Pesona Lokal Adira

Wednesday, 14 August 19 Nila Sofianty
Festival Pesona Lokal

Banyak cara yang digelar sejumlah perusahaan untuk berperan aktif dalam mempromosikan potensi budaya, pariwisata, dan kearifan lokal, tak terkecuali perusahaan lembaga keuangan. Adira, salah satu lembaga pembiayaan keuangan terbesar di Indonesia dan tercatat sebagai salah satu juga pembayar pajak terbesar di Indonesia, pada tahun lalu sukses mempromosikan pariwisata lewat sajian festival seni budaya dan pariwisata lengkap dengan usaha mengangkat ekonomi kerakyatan dengan acara pasar rakyat, Adira mengemasnya dalam sebuah festival sebagai salah satu program CSR-nya di Bali.

Surya Almada Syahlani, Kepala Wilayah Bali Nusa Tenggara Adira Finance, mengatakan, merujuk evaluasi acara yang sama tahun lalu yang banyak menggaet wisatawan, kegiatan ini dapat menjadi salah satu atraksi yang dapat menarik wisatawan lokal maupun mancanegara untuk berkunjung ke Bali.

“Tahun lalu sedikitnya 5.000 peserta dan pengunjung yang registrasi, tidak termasuk pengunjung lain, hadir dalam event ini. Kami menargetkan tahun ini peserta dan pengunjung mencapai 10.000,” ujar Surya.

Hal ini diamini oleh Kabid Pemasaran Dinas Pariwisata Provinsi Bali Dewa Ayu, yang menyambut baik rasa kepedulian Adira pada promosi pariwisata daerah. “Kebijakan Gubernur sangat concern terhadap budaya. Indonesia sebagai pewaris budaya terbesar di dunia harus diimplementasikan dengan upaya pelestariannya. Dan kami apresiasi bahwa Adira tak hanya cari untung, tapi juga memiliki tanggung jawab terhadap lingkungannya, termasuk pariwisata dan peningkatan ekonomi rakyat,” tutur Dewa Ayu.

Dewa Ayu menambahkan, di Bali banyak peraturan tentang pelestarian adat dan budaya yang harus diimplementasikan. Terkait sejumlah kegiatan Adira yang mengajak juga kaum milenial untuk menggali potensi pariwisata daerah, Dewa Ayu mengatakan bahwa acara ini bisa menstimulus anak muda untuk menemukan potensi destinasi wisata di seluruh Bali.

“Pemerintah terbantu sekali dengan medsos. Pemenang di era ini adalah anak muda yang menguasai teknologi. Acara yang mengeksplor Bali dengan kearifan lokalnya ini sangat penting digelar sesering mungkin karena membawa pengaruh positif untuk pariwisata dan bermanfaat terhadap pembangunan pariwisata,” imbuhnya.

Event ini kembali digelar oleh Adira Finance Area Bali Nusa Tenggara dengan tajuk Festival Pesona Lokal 2019. Melalui kegiatan ini Adira ingin mengajak seluruh masyarakat dan ekosistem Adira Finance yang terdiri dari konsumen, mitra bisnis, dan karyawan Adira Finance untuk berpartisipasi mendukung serta mempromosikan kearifan lokal.

Acara yang juga digelar pada tahun 2018 lalu ini bekerja sama dengan Kementerian Pariwisata (Pesona Indonesia) dan juga stasiun televisi nasional RCTI. Festival Pesona Lokal bertujuan untuk mempromosikan potensi budaya dan pariwisata suatu daerah.

Dengan mengangkat tema “Rasakan Sensasi Pesona Lokal”, kegiatan yang dilaksanakan dalam rangka HUT Adira Finance ke-29 ini akan digelar di tujuh kota, yaitu Medan, Denpasar, Surabaya, Bandung, Makassar, Yogyakarta, dan Jakarta, mulai dari bulan Agustus hingga November 2019. Dan pada tahun ini, Denpasar menjadi kota kedua pelaksanaan Festival Pesona Lokal 2019 setelah kota Medan.

Festival ini diselenggarakan di Lapangan Renon pada tanggal 24 Agustus 2019. Berbeda dengan tahun sebelumnya, selain Parade Karnaval Budaya, pada tahun ini Adira Finance akan mengadakan Lomba Tari Lokal Kontemporer, Lomba Desain Motif Khas Lokal Kontemporer, Kompetisi ala Selebgram Lokal, Festival Kuliner dan Foodtruck, dan permainan lokal serta bazaar aneka produk lokal.

Sebagai highlight kegiatan Festival Pesona Lokal, Adira Finance bersama Kementerian Pariwisata (Pesona Indonesia) akan kembali mempersembahkan penghargaan khusus Kota Paling Mempesona kepada pemerintah daerah yang berhasil menampilkan pesona kebudayaan dan keunikan daerah lokal masing-masing secara kompak dan serasi melibatkan partisipasi dari warga kota di kegiatan tersebut.

Adira Finance mendapatkan banyak dukungan dan bantuan dari berbagai pihak, baik pemerintah maupun swasta, salah satunya yang menjadi sponsor utama adalah Adira Insurance sebagai perusahaan asuransi umum yang memiliki produk asuransi perjalanan terbesar di Indonesia.

Tidak hanya menggelar Festival Pesona Lokal, dalam rangka HUT ke-29 Adira Finance juga akan mengadakan Festival Pasar Rakyat 2019, sebuah program CSR bertujuan untuk membangun citra positif pasar rakyat sebagai ruang publik yang kreatif, edukatif, dan berbudaya sekaligus mengedukasi serta mendorong keterlibatan berbagai pihak agar menjadi bagian dari upaya pengembangan pasar rakyat di Indonesia.