Festival Pesona Lokal Hadir di Tujuh Kota

Saturday, 06 July 19 Bonita Ningsih
Festival Pesona Lokal

Adira Finance, salah satu perusahaan pembiayaan terbesar di Indonesia, kembali menggelar Festival Pesona Lokal untuk yang kedua kalinya. Acara yang digelar dalam rangka HUT Adira Finance ke-29 ini akan diselenggarakan di tujuh kota berbeda, yakni Medan, Bali, Surabaya, Bandung, Makassar, Yogyakarta, dan Jakarta.

Festival Pesona Lokal merupakan program CSR Adira Finance yang bekerja sama dengan Kementerian Pariwisata. Acara ini akan digelar secara bergantian di tujuh kota berbeda pada Agustus hingga November 2019.

Hafid Hadeli, Direktur Utama Adira Finance, mengatakan, kegiatan ini bertujuan untuk mempromosikan potensi budaya, pariwisata, dan kearifan lokal suatu daerah. Mengangkat tema “Rasakan Sensasi Pesona Lokal”, acara ini diharapkan dapat membantu pariwisata setiap daerah dan memberikan dampak positif bagi perekonomiannya. 

Dalam penyelenggaraannya, Hafid mengajak seluruh masyarakat dan ekosistem Adira Finance yang terdiri dari konsumen, mitra bisnis, dan karyawan Adira Finance untuk berpartisipasi dalam acara ini. Menurutnya, festival ini merupakan salah satu cara untuk mendukung serta mempromosikan kearifan lokal yang ada di Indonesia.

“Saya berharap acara ini dapat membantu meningkatkan kunjungan wisatawan, baik domestik maupun mancanegara, untuk hadir di tujuh kota yang kita selenggarakan,” ungkap Hafid.

Berbagai kegiatan akan ditampilkan di Festival Pesona Lokal 2019, antara lain parade karnaval budaya, perlombaan, hingga hiburan menarik di setiap kota penyelenggara. Segala sesuatu yang berhubungan dengan budaya dan kedaerahan masing-masing akan ditampilkan di festival ini.

Selain itu, Hafid menjelaskan, akan banyak perlombaan di sini, seperti lomba tari lokal kontemporer, melukis kain motif khas lokal kontemporer, hingga kompetisi ala selebgram lokal. Selain itu, juga ada festival kuliner, food truck, permainan lokal, serta bazar aneka produk lokal. Untuk lebih memeriahkan acara, Adira Finance akan menghadirkan sederet artis ibu kota dan artis lokal di daerah masing-masing.

“Kegiatan-kegiatan ini kita sesuaikan dengan tema tahun ini. Kita ingin mengajak seluruh masyarakat yang hadir dapat merasakan sensasi kekayaan budaya hingga kuliner khas dari suatu daerah,” imbuh Hafid.

Festival Pesona Lokal sejalan dengan corporate branding Adira Finance untuk Indonesia. Adira Finance memiliki komitmen untuk memberikan kontribusi terbaik kepada bangsa Indonesia melalui salah satu pilar CSR, yaitu Sahabat Lokal, yang berfokus pada pariwisata, budaya, edukasi, dan UMKM.

Swandajani Gunadi, Direktur Adira Finance, mengungkapkan, ada yang berbeda di Festival Pesona Lokal 2019. Tahun ini, pihaknya akan menyelenggarakan Festival Pasar Rakyat di empat kota berbeda, yakni Magelang, Pontianak, Denpasar, dan Bogor. Festival Pasar Rakyat merupakan kolaborasi antara Adira Finance dengan Yayasan Danamon Peduli, pemerintah daerah, dan berbagai komunitas seni budaya dan UMKM.

“Kota yang dipilih memang berbeda dengan kota penyelenggaraan Festival Pesona Lokal. Untuk Festival Pesona Lokal akan dimulai di Medan dan akan berakhir di Jakarta sebagai puncak acaranya,” kata Swandajani.

Swan mengatakan, Festival Pasar Rakyat ini bertujuan untuk membangun citra positif pasar rakyat sebagai ruang publik yang kreatif, edukatif, dan berbudaya. Kegiatan ini juga mengedukasi serta mendorong keterlibatan berbagai pihak agar menjadi bagian dari upaya pengembangan pasar rakyat di Indonesia.