Resmi Dibuka, Indofest 2024 Langsung Dipadati Pengunjung   

Thursday, 04 July 24 Bonita Ningsih

Indonesia Outdoor Festival (INDOFEST) 2024 kembali digelar di Hall B Jakarta Convention Center (JCC) selama empat hari mulai tanggal 4-7 Juli 2024. Hari pertama digelar, event yang sering disebut sebagai “Lebaran Anak Outdoor” ini langsung dipadati pengunjung.

Menurut Dyson Toba, Chief Executive Officer COS Event, Penyelenggara Indofest mengatakan berdasarkan data pengunjung yang membeli tiket secara online di hari pertama ini ada 15.000 orang. “Antusiasmenya sangat tinggi seperti tahun – tahun sebelumnya, kami menargetkan untuk tahun ini ada 50 ribu pengunjung selama empat hari,” ungkap Dyson.

Lebih lanjut Dyson mengungkapkan, tahun ini jumlah peserta pameran mengalami peningkatan dari tahun sebelumnya “ Tahun sebelumnya kurang dari 100 peserta pameran, tahun ini ada sekitar 135 peserta, dari jumlah tersebut dan 80 persen diantaranya adalah produk dalam negeri,” terangnya.

Disyon juga menjelaskan, kegiatan luar ruangan saat ini semakin digemari masyarakat, hal tersebut bisa dilihat dari banyaknya kegiatan-kegiatan luar ruang yang saat ini kembali hadir. Juga semakin banyaknya kegiatan event olahraga lari yang hampir ada disetiap pekan.

BACA JUGA:   ARCH:ID 2024 Targetkan 17.000 Pengunjung dan 500 Delegasi

Tahun ini Indofest mengusung tagline “More Outdoor Less Waste” pihaknya berharap Sobat Indofest yang datang dapat sama-sama untuk mengurangi sampah atau less waste dengan cara tidak membeli air dalam kemasan namun menggunakan tumbler, tidak menggunakan kantong plastik tapi menggunakan kantong belanja yang dipakai berulang-ulang. Serta tentunya memperbanyak olahraga luar ruang atau outdoor activity dengan membeli perlengkapannya yang sudah kami sediakan di Indofest 2024.

“Saya yakin, lokasi yang bersih membuat kita berkegiatan lebih nyaman. Tidak hanya di sini saja. Tapi juga di gunung dan tempat-tempat kita melakukan aktivitas luar ruang. Hal itu sesuai dengan visi kami membuat lebih banyak lagi masyarakat yang melakukan aktivitas atau kegiatan luar ruang,” ujarnya.

BACA JUGA:   Garuda Indonesia Siapkan 40.000 Kursi Promo di GATF 2022

Sementara itu, Deputi Bidang Penyelenggara Kegiatan dan Event Kemenparekraf, Vinsensius Jemadu mengapresiasi kepada pihak Indofest 2024 yang sudah menggagas event ini yang ke-8. Vinsensius menjelaskan setelah pandemi COVID-19, ada perubahan behaviors masyarakat kegiatan luar ruang begitu diminati dan melonjak.

“Menurut data dari sea trip terlihat sekali peningkatan untuk kegiatan-kegiatan outdoor yang meningkat dengan tajam. Artinya apa, kegiatan yang dilakukan oleh Indofest sangat tepat dengan menyesuaikan perubahan behavior masyarakat paska pandemi ini,” katanya.

Vinsensius juga melihat kegiatan luar ruang ini merupakan kegiatan minat khusus yang berkualitas. Karena spendingnya besar, lenght of stay nya juga lama sehingga memiliki multipiler effect yang besar juga.

“Seluruh stakeholder juga harus bergandengan tangan bersama untuk menanggulangi masalah sampah. Ini adalah momok yang selalu muncul di destinasi-destinasi. untuk itu dengan penyelenggaran event seperti ini, bukan hanya bukan hanya kesuksesan yang dibukukan seberapa besar transaksi tapi juga bagaimana kita mengedukasi masyarakat untuk berwisata secara bertanggung jawab,” katanya.

BACA JUGA:   Pameran Pro AVL Indonesia 2023 Hadirkan Peserta dari 10 negara

Indofest 2024 kali ini mengangkat tema GEAR (Green, Equality, Action, Responsibility) dimana salah satu concernnya adalah sustainability atau keberlangsungan lingkungan dengan dimulai dengan menumbuhkan kebiasaan sederhana atau little habit yaitu your trash your responsibility hingga less waste.

Tahun ini pengunjung akan disuguhkan berbagai acara pendukung selama kegiatan pameran seperti Music Performance, Talkshow. Setiap harinya akan ada bintang tamu spesial seperti Batas Senja, Jason Ranti, Bagus Dwi Danto dan Island Vibes Reggae Party.