Resmi Digelar, DXI Dijadikan Langkah Kolaboratif Untuk Perkuat Wisata Bahari di Indonesia

Thursday, 30 May 24 Bonita Ningsih

Deep and Extreme Indonesia (DXI) kembali diselenggarakan untuk ke-16 kalinya di Hall A-B Jakarta Convention Center (JCC) pada tanggal 30 Mei hingga 2 Juni 2024. DXI merupakan pameran olahraga ekstrim, diving, olahraga air, dan outdoor adventure terbesar di Asia yang diselenggarakan oleh Dyandra Event Solutions bekerja sama dengan BRImo.

“Kami terima kasih kepada Founder DXI karena telah dipercaya untuk hendel acara ini. Kami ingin menjadi bagian dari industri wisata bahari mulai dari pariwisata bawah laut dan juga darat yang ekstrim,” kata Presiden Direktur Dyandra Event Solutions, Michael Bayu Sumarijanto, saat pembukaan DXI 2024 di Jakarta pada tanggal 30 Mei 2024.

Pada tahun ini, DXI 2024 mengusung tema Edge of Tomorrow: Dive Into the Depth of Extreme Sports yang mencerminkan semangat eksplorasi, keberanian, dan kesempatan untuk mengeksplorasi potensi diri dalam olahraga ekstrim. Dengan mengusung tema tersebut, pihak penyelenggara berkomitmen untuk memberikan pengalaman tak terlupakan bagi para pengunjung. 

BACA JUGA:   Pegelaran Fesyen Muslim MUFFEST+ Segera Melebur dengan IN2MOTIONFEST di Tahun 2024

Melalui DXI, pengunjung dapat lebih jauh mendapatkan informasi dan mengenal industri olahraga ekstrim dan lainnya. DXI juga dapat membuka pasar baru untuk memperkuat industri wisata di Indonesia.

“DXI tidak hanya sekadar pameran, tetapi, juga sebagai panggung bagi industri olahraga ekstrim dan air Indonesia. Selain itu, DXI 2024 juga merupakan bentuk komitmen Dyandra Event Solution untuk mendukung program pemerintah dengan memperkuat sektor pariwisata di Indonesia,” ucapnya lagi.

Deputi Bidang Produk Wisata dan Penyelenggaraan Kegiatan Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif, Vinsensius Jemadu, mengatakan bahwa memperkuat pariwisata bahari memang menjadi tugas bersama antar pemangku kepentingan. DXI menjadi salah satu langkah nyata kolaboratif antara berbagai pihak mulai dari swasta, pemerintah, hingga komunitas terkait olahraga menyelam dan ekstrim.

BACA JUGA:   Jelajah Pariwisata Bahari di Deep and Extreme Indonesia 2024

“65 hingga 70 persen wilayah Indonesia ini adalah air, namun, sayang baru sedikit persen saja yang memanfaatkan dengan baik. Makanya, dengan semangat kolaboratif ini kita dapat bersatu untuk memanfaatkan potensinya,” ucap VJ, begitu sapaan akrab Vinsensius.

Oleh sebabnya, Kemenparekraf, secara penuh mendukung pelaksanaan DXI sebagai salah satu wadah terbaik untuk memperkuat wisata bahari dan ekstrim di Indonesia. VJ juga berharap ke depannya DXI bisa dijadikan pameran Business to Business (B2B) yang mengundang banyak peserta dari luar negeri.

“Kita ini tidak punya ikonik event tentang wisata bahari, jadi, kita harus mengedepankan DXI dengan mengundang banyak orang dari luar negeri. Jangan sampai DXI ini hanya jago kandang saja,” harap VJ.

Menanggapi hal tersebut, Dyandra Event Solutions, akan terus mengusahakan yang terbaik untuk DXI salah satunya dengan menghadirkan konsep B2B. Dengan begitu, DXI, diharapkan dapat menambah peluang yang besar bagi para komunitas untuk memperluas jaringannya.

BACA JUGA:   Gelar Pameran Pernikahan, The Ritz-Carlton Jakarta Pacific Place Bagikan Bulan Madu Gratis ke Wina

“Kami siap mengusung konsep B2B untuk pelaksanaan DXI ke depannya,” Bayu menambahkan.

DXI 2024 menghadirkan hampir 100 peserta pameran yang memamerkan produk-produk berkaitan maritim hingga olahraga ekstrim. Beberapa merek yang berpartisipasi adalah KTM, Husqvarna, Gasgaa, Royal Enfield, Scomadi, hingga RiderSpot sebagai penyedia berbagai perlengkapan roda dua. 

Selama empat hari penyelenggaraan, masyarakat dapat berkunjung ke DXI 2024 mulai dari pukul 10.00 hingga 20.00 WIB. Dengan harga tiket masuk yang ditawarkan mulai dari Rp50.000/hari hingga Rp150.000 (untuk 4 hari).