Revitalisasi Danau Toba Melalui Festival Danau Toba 2015

Monday, 16 November 15   3 Views   0 Comments   Venue

Kejayaan Danau Toba yang terjadi pada tahun 1980-an diharapkan segera bangkit kembali. Untuk melakukannya, Kementerian Pariwisata meluncurkan dan mempromosikan program Festival Danau Toba 2015 sebagai Wonderful Indonesia dan Pesona Indonesia. Festival Danau Toba 2015 sendiri akan digelar pada 19-22 November 2015 di Brastagi, Kabupaten Karo, Sumatera Utara. Hal tersebut dilakukan untuk memenuhi target kunjungan 20 juta wisatawan asing pada 2019.

“Tahun ini pemerintah telah menetapkan 10 prioritas destinasi untuk dikembangkan sebagai destinasi unggulan berdaya saing global, dan Danau Toba merupakan salah satu di antaranya,” kata Arief Yahya, Menteri Pariwisata RI. Selain itu, revitalisasi ini diharapkan dapat menciptakan nilai tambah, yaitu size, growth, spread, dan benefit.

Dengan adanya revitalisasi tersebut, proyeksi kunjungan wisatawan mancanegara ke kawasan Danau Toba akan meningkat menjadi 1 juta wisman dengan nilai ekonomi mencapai US$1 miliar. Pada 2013, sebanyak 10.680 wisman berkunjung ke Danau Toba dengan perolehan devisa mencapai US$10,6 juta.

Acara Festival Danau Toba 2015 akan disemarakkan dengan berbagai kegiatan seni budaya dan sport tourism, di antaranya karnaval ulos, geopark karnaval, upacara tradisi, lomba solu bolon, hingga fashion show etnik serta hiburan artis ibu kota dan daerah. (Baca juga: Indie Travel Mart 2015 Hadirkan Destinasi Wisata Tersembunyi)

Penulis: Mikhail