Roemah Indonesia BV Bawa 20 Jenis Kopi Asli Indonesia ke Amsterdam Coffee Festival 2024

Thursday, 21 March 24 Harry
Amsterdam Coffee Festival 2024 roemah indonesia bv

Roemah Indonesia BV kembali akan berpartisipasi pada acara The Amsterdam Coffee Festival 2024 yang akan berlangsung pada 4-6 April 2024 di Westergas, Amsterdam, Belanda. Ini merupakan kali ketiga Roemah Indonesia BV berpartisipasi pada acara tahunan ini.

Pada acara The Amsterdam Coffee Festival 2024, Roemah Indonesia BV akan membawa 20 jenis kopi asli Indonesia, terutama jenis Arabika. Selain itu, ada juga 2-3 koperasi petani kopi yang membawa kopi jenis Robusta karena permintaan akan kopi Robusta sedang tinggi di Eropa.

Indonesia merupakan pemilik lahan kebun kopi terbesar kedua di dunia setelah Brasil. Namun, sebagai produsen kopi, Indonesia berada di peringkat keempat dunia, kalah dari Brasil, Vietnam, dan Kolombia. Ada banyak faktor yang menyebabkan produktivitas kopi dari Indonesia tidak maksimal, salah satunya adalah faktor pemanasan global dan perubahan iklim.

BACA JUGA:   Ikon Budaya Pop Di Indonesia Comic Con

Eko Purnomowidi, Co-founder Koperasi Petani Klasik Bean, mengatakan, “Tanaman kopi hanya butuh 40-50 persen cahaya matahari. Karena itu, harus ada penaung tanaman kopi, yaitu pohon-pohon besar di hutan.”

Dalam kondisi iklim saat ini di mana keberlanjutan menjadi isu sangat penting, industri kopi menghadapi tantangan untuk menyeimbangkan produktivitas dengan tanggung jawab ekologis. Salah satu solusi yang dilakukan oleh produsen kopi Indonesia dalam menjawab tantangan ini adalah praktik agroforestri.

Agroforestri adalah sistem pertanian di mana tanaman pangan dan tanaman kehutanan ditanam pada lahan yang sama. Meskipun tidak semua kopi yang dipresentasikan di festival dibudidayakan melalui agroforestri, acara ini merupakan bukti dari semangat inovatif para petani kopi Indonesia dan berbagai praktik berkelanjutan yang diterapkan di Kepulauan Nusantara. Festival ini akan berfungsi sebagai platform untuk berbagi kekayaan metode budidaya kopi Indonesia, serta menaikkan komitmen Indonesia terhadap kepedulian lingkungan dan kesetaraan sosial.

BACA JUGA:   HOMEDEC Edisi Kedua Targetkan Rp54 Miliar

Amsterdam Coffee Festival 2024 juga akan menyoroti peran krusial dari usaha mikro, kecil, dan menengah (UMKM) dan petani kecil dalam sektor kopi Indonesia. Dengan fokus pada peluang pertumbuhan ekspor, Roemah Indonesia BV menegaskan komitmen kolektif untuk memberdayakan komunitas lokal, mendorong pengembangan ekonomi, dan mempromosikan praktik keberlanjutan dalam industri kopi global.

Selain itu, Roemah Indonesia BV terus aktif mendukung program Makmur Komoditas Kopi yang dilaksanakan oleh PMO Kopi Nusantara Kementerian BUMN. Program ini bertujuan untuk meningkatkan kualitas dan produktivitas kopi Indonesia, sekaligus memastikan pengembangan berkelanjutan dari hulu hingga hilir. Inisiatif ini menegaskan peranan vital BUMN dalam mendukung industri kopi dan pertanian Indonesia secara lebih luas.

BACA JUGA:   Pasar Wisata Terbesar Kembali Ke Jakarta

Dengan mengumpulkan berbagai pemangku kepentingan industri kopi, dari petani hingga institusi keuangan, Roemah Indonesia BV bertujuan untuk menciptakan lingkungan kolaboratif yang tidak hanya menampilkan kualitas kopi Indonesia yang luar biasa, tetapi juga mendorong dialog tentang keberlanjutan, inovasi, dan peluang ekspor. Inisiatif ini merupakan langkah maju dalam memastikan bahwa industri kopi Indonesia dapat berkembang dalam lanskap global yang berubah, tanpa mengorbankan integritas lingkungan atau tanggung jawab sosial.