STP Trisakti Selenggarakan Parent’s Day 2019

Monday, 17 June 19 Herry Drajat
Parent’s Day 2019

STP Trisakti pada tanggal 12 hingga 15 Juni 2019 sukses mengadakan acara Parent’s Day 2019. Gelaran yang diselenggarakan oleh seluruh siswa Program Studi Perhotelan angkatan 2017 ini berlangsung di Auditorium STP Trisakti, Tanah Kusir, Jakarta Selatan.

Parent’s Day telah dilaksanakan oleh STP Trisakti sejak tahun 1991. Acara yang merupakan sebuah momen untuk mempererat ikatan keluarga, baik dengan orang tua maupun dengan sesama siswa, ini dimaksudkan untuk menunjukkan hasil dari proses belajar kepada para orang tua. Pada awalnya, kegiatan ini hanya berupa jamuan makan di ruang praktik pelayanan jasa boga. Namun, sekarang berkembang dan dilaksanakan di Auditorium STP Trisakti.

Michael Khrisna Aditya, S. ST., M. Par, salah satu dosen STP Trisakti yang bertindak sebagai Manager Adviser acara Parent’s Day 2019, mengatakan, “Parent’s Day digagas oleh Sri Sulartiningrum, salah seorang dosen Trisakti. Awalnya dengan mengundang beberapa pasang orang tua untuk menikmati hidangan di restoran sebagai bentuk apresiasi kepada orang tua mahasiswa, tetapi pada tahun 2000-an berkembang menjadi seperti sekarang ini.”

Parent’s Day 2019 mengangkat tema “Natsukashii”, sebuah kata dalam bahasa Jepang yang diterjemahkan secara bebas sebagai ‘nostalgia’, namun memiliki makna yang lebih dalam lagi, yaitu tentang perasaan rindu pada masa lalu yang sekarang sudah tidak ada lagi. Tema “Natsukashii” dipadu dengan slogan “Tell the Unspoken Memories” yang berarti kenangan yang belum tersampaikan.

Melalui tema tersebut para siswa mempersembahkan layanan jamuan terbaik dengan penuh rasa hormat pada orang tua yang telah melahirkan dan membesarkannya. Jamuan disajikan dalam paduan cita rasa Indonesia dan Jepang dalam budaya Jepang yang dikenal sangat menghormati orang tua.  

Untuk melaksanakan kegiatan yang merupakan praktik dari mata kuliah Manajemen Acara ini dibuat 14 departemen, yaitu Manajemen, Marketing, Food & Beverage, Front Office, Event, Art, Kitchen, Pastry, Crew Meal, Steward, Public Relation, Documentation, Housekeeping, Equipment, dan Purchasing. Mereka dipimpin oleh seorang GM yang sebelumnya membuat proposal yang dikompetisikan dan terpilih berdasarkan vote seluruh panitia.

“Jadi, seperti membuat mini-hotel, kita pilih GM, kemudian GM terpilih mempunyai head department. Mereka membuat struktur organisasi hotel,” tambah Khrisna.

Dalam gelaran ini para orang tua menikmati sajian enam hidangan, mulai dari Amouse Bouche, appetizer, sup, dan main course. Sambil menyantap hidangan, mereka dihibur permainan musik kolintang, tarian tradisional, modern dance, serta home band yang dibawakan oleh unit kegiatan yang ada.