Sunset di Kebun Akan Digelar Delapan Kali Selama 2024

Monday, 15 January 24 Bonita Ningsih

Indonesia telah memiliki empat kebun raya yang berada di daerah Bogor, Cibodas, Purwodadi, dan Bali. Keempat kebun raya tersebut berada di bawah naungan Badan Riset dan Inovasi Nasional (BRIN) yang bermitra dengan PT. Mitra Natura Raya (KebunRaya.id) sejak 1 Januari 2020.

Dalam kemitraan ini, BRIN, bertugas untuk menjalankan fungsi utamanya yaitu kegiatan penelitian dan konservasi tumbuhan. Sedangkan, KebunRaya.id bertugas untuk menyelenggarakan berbagai fungsi pelayanan publik yang sesuai dengan fungsi dan marwah kebun raya. Beberapa di antaranya adalah membawa pesan edukasi dan konservasi lingkungan ke masyarakat luas dengan bahasa yang sesuai dengan perkembangan zaman.

Setiap tahunnya, KebunRaya.id, selalu memberikan inovasi-inovasi terbaru untuk mengkampanyekan pesan edukasi dan konservasi lingkungan. Untuk tahun 2024, KebunRaya.id, menghadirkan Sunset di Kebun, sebuah pertunjukan musik bersifat calming dan intimate dengan pesan mencintai lingkungan.

Sunset di Kebun pertama kali digelar pada Mei 2022 di Kebun Raya Bogor dengan tujuan untuk mengajak anak muda agar mau datang ke Kebun Raya. Melalui kegiatan ini, anak-anak muda diharapkan dapat mengenal keanekaragaman hayati di Indonesia dan unsur lingkungan lainnya.

BACA JUGA:   MG Luncurkan Mobil Listrik Pertama Untuk Menggelar Pertunjukan Musik


“Indonesia punya bonus demografi yang nantinya akan didominasi oleh generasi Z. Kami telah melakukan survei ternyata hobi tertinggi anak muda itu adalah musik. Makanya, kita pakai pendekatan acara musik ini untuk grab pasar mereka,” jelas Michael Bayu A. Sumarijanto, President Director PT. Mitra Natura Raya, di Jakarta, beberapa waktu lalu.

Abi Irawan, GM Event Kebun Raya, mengatakan bahwa Sunset di Kebun berbeda dengan acara-acara musik lainnya karena menyuguhkan konsep yang unik dan berbeda. Kegiatan ini mengusung tema Intimate Music show with Green, Conservation and Culture Movement, dengan harapan para penonton dapat merasakan suasana yang lebih intim satu sama lain.

BACA JUGA:   Accor Live Limitless Hadirkan Panggung di Jakarta International BNI Java Jazz Festival 2023 

Melihat dari pengalaman sebelumnya, penonton dapat lebih dekat dengan para musisi karena mereka bebas bergerak di lokasi acara. Untuk menonton pertunjukan musik, mereka diperbolehkan duduk di atas rumput sambil menikmati suasana sejuk kebun raya hingga matahari terbenam.

“Ini juga yang membedakan kita karena acara yang kita buat tidak digelar hingga malam hari. Jadi, mereka semua dapat menikmati keindahan alam kebun raya dengan berbagai program peduli lingkungan yang kita hadirkan,” ungkap Abi.

Pada tahun ini, masyarakat dapat menikmati Sunset di Kebun sebanyak delapan kali yang dibagi ke dalam empat kebun raya. Abi mengatakan, pihaknya akan membagi dua phase penyelenggaraan di masing-masing kebun raya. 

Untuk phase pertama di Kebun Raya Purwodadi akan digelar pada 2-3 Maret 2024. Lalu di Kebun Raya Bogor pada 27-28 April 2024. Kemudian Kebun Raya Bali di tanggal 25-26 Mei 2024 dan Kebun Raya Cibodas pada tanggal 29-30 Juni 2024. Sementara itu, phase kedua akan diinformasikan lebih lanjut oleh pihak penyelenggara. 

BACA JUGA:   Serba Baru di Pekan Raya Indonesia 2018

Nantinya, sejumlah musisi lokal maupun nasional akan tampil pada phase pertama dengan membawakan lagu-lagu favorit mereka. Setiap penampil pada pagelaran Sunset di Kebun juga akan menjadi duta konservasi yang menyuarakan pesan-pesan menjaga alam kepada para pengunjung. 

Masyarakat yang ingin menyaksikan musisi kebanggannya di Sunset di Kebun dapat membeli tiket dengan harga mulai dari Rp185.000 hingga Rp325.000. Penjualan tiket dan informasi lebih lanjut mengenai Sunset di Kebun 2024 dapat mengunjungi website https://sunset.kebunraya.id/ dan media sosial @sunsetdikebun.