Telepon Berbasis IP untuk Produktivitas SDM Hotel

Thursday, 15 November 18 Nila Sofianty

Asosiasi IT Hotel Provinsi Bali yang beranggotakan seluruh IT hotel di Bali menggelar Ofon Workshop & Technology Update 2018 yang mengangkat tema “Converging Tomorrow Today: The VoIP Revolution”. Acara yang dihadiri sekitar 100 wakil dari divisi IT hotel di Bali ini berlangsung di Harris Hotel & Residences Bali, By Pass Ngurah Rai, Denpasar, pada 10 November 2018.

Ofon adalah layanan telepon tetap rumah dan kantor untuk perumahan dan bisnis dengan misi menyatukan Indonesia. Ofon menyelenggarakan workshop ini dengan tujuan berbagi informasi terkait penerapan teknologi VoIP terhadap layanan telepon tetap di Indonesia dan dunia pada umumnya.

“Bagaimana beradaptasi menghadapi tantangan-tantangan teknologi VoIP dan memanfaatkan keuntungan-keuntungan yang bisa didapatkan,” ujar Gabriel Hermawan Wishnu, Head of Product Management PT Batam Bintan Telekomunikasi yang menjadi salah satu pembicara dalam workshop Ofon.

Senada dengan Gabriel, salah seorang peserta workshop, Putu Sumanata, IT Administrator Accor Vacation Club Bali, mengatakan pentingnya pihak hotel selalu meng-update kemajuan teknologi untuk mempermudah dan menambah produktivitas SDM hotel.

“IT hotel memang harus mengikuti kemajuan teknologi yang ada agar mempermudah operasional dan menambah layanan bagi para tamu dan klien hotel serta lebih efisien, misalnya di bidang advertising bisa lebih dikembangkan dan menambah nilai karena advertising bisa langsung ke user dan teknologi Ofon menawarkan kemudahan dan efisiensi ini,” ujar Putu.

Efisiensi ini juga dijelaskan oleh Gabriel, di antaranya penghematan biaya panggilan telepon di mana tarif Ofon yang kompetitif dibandingkan operator lain dan gratis panggilan telepon kepada sesama pengguna Ofon secara otomatis. Penghematan biaya juga bisa didapatkan dari pengurangan biaya pemeliharaan jaringan karena penyebaran layanan telepon menjadi satu dengan jaringan data.

“Dan yang terpenting high availability dan kualitas suara jernih,” ujar Gabriel.

Pratama Habibie, CEO Ofon, mengatakan, workshop ini juga membahas solusi-solusi yang dapat diterapkan oleh hotel-hotel dan perusahaan-perusahaan yang menghadapi tuntutan perubahan teknologi telepon analog ke telepon berbasis IP. “Kami senang bisa berinteraksi dengan rekan-rekan profesional IT di Bali, semoga bisa berbagi informasi tentang perkembangan teknologi yang selalu dinamis berubah setiap waktu,” ujar Pratama.