Tips Memonetisasi Event Ala Dyandra

Friday, 08 May 20 Herry Drajat

Kata monetizing sering kita dengar dalam berbagai jenis bisnis. Monetizing adalah metode untuk menghasilkan uang dari kegiatan atau konten yang dikelola. Untuk memberikan pemahaman mengenai apa saja yang bisa di-monetize dalam sebuah event, Dyandra Academy mengadakan DyandraTalk dengan judul “How to Monetize Event? pada 6 Mei 2020 melalui IG live.

Abynprima Rizki, Convention Manager Dyandra Promosindo, mengatakan, untuk menggali channel-channel yang bisa dijadikan peluang pemasukan atau revenue dari event yang dijalankan, itu tergantung dari konsep yang dibuat. Untuk kegiatan konvensi dan pameran, sumber uangnya antara lain dari biaya pendaftaran peserta, sponsor, dan biaya sewa stan.

Aby menambahkan, untuk kegiatan di luar konvensi dan pameran, misalnya konser musik, channel revenue-nya bisa digali dari berbagai sumber, misalnya dari penjualan tiket, merchandising, sponsor, dan lain sebagainya tergantung jenis event-nya.

“Sebelum melakukan monetizing, kita harus menguji program, konten, serta peluang. Kita tidak sekadar bikin konsep, tetapi harus tahu kebutuhan industri. Jika kita bisa bekerja sama dengan industri, akan tercipta peluang yang sangat bagus,” ujar Abynprima.

Menurut Abynprima, tingkat keberhasilan sebuah event tidak hanya dilihat dari profitnya, tapi juga bisa dilihat dari berbagai sudut pandang, misalnya brand yang semakin dikenal, banyaknya pengunjung, serta awareness.

Dyandra Academy adalah sebuah program pelatihan event management untuk memenuhi kebutuhan SDM di industri MICE nasional yang diadakan oleh Dyandra Promosindo.