TTC Travel Mart 2023: Dari Jakarta, Terbang ke Medan

Friday, 08 September 23 Bayu Hari
TTC Travel Mart 2023

TTC Indonesia kembali menggelar TTC Travel Mart International di Jakarta (05/09) dan Medan (07/09). Pascalis Kidung, Project Manager TTC Indonesia, mengungkapkan bahwa TTC Travel Mart Internasional memasuki tahun penyelenggaraan yang ke-38. Kegiatan ini diikuti oleh 144 seller dari dalam dan luar negeri, serta dihadiri lebih dari 500 buyer

Salah satu poin menarik dari TTC Travel Mart ke-38 adalah keikutsertaan destinasi internasional, seperti Brazil, Peru, Eropa, Korea Selatan, Jepang, dan Mesir. Selain itu, negara yang langganan seperti Vietnam, Filipina, Myanmar, India, Vatikan, China, Thailand juga turut ambil bagian.

BACA JUGA:   Transaksi IIMS 2023 Mencapai Rp5,3 Triliun

Kidung mengatakan, hal yang cukup mengejutkan adalah Jepang. Peserta dari Jepang hadir dalam jumlah besar di Jakarta, bahkan di Medan menyediakan sesi khusus untuk mereka (JNTO).

“Kami sangat terkesan dengan pertumbuhan peserta dalam acara ini. Dalam beberapa waktu terakhir, kita telah menyaksikan berbagai pameran perjalanan yang mencerminkan tren positif dalam industri pariwisata,” katanya.

Pascalis Kidung mengatakan, antusiasme buyer dan seller yang menggema di Jakarta berlanjut di Kota Medan, Sumatera Utara. “Terakhir kali kami berkunjung ke Medan pada tahun 2019. Kami tak sabar melihat berbagai kesepakatan bisnis, jaringan, dan kolaborasi yang akan terjalin sebagai dampak dari acara ini,” pungkasnya.

BACA JUGA:   Diskusi Pekerja Event Indonesia dengan Kemenparekraf

Salah satu seller, George Van Der Staal, Business Development Manager VOS S.E.A, mengungkapkan bahwa banyak wisatawan Indonesia telah memilih Finlandia sebagai destinasi unik untuk berburu pengalaman aurora, menangkap kepiting raksasa, dan petualangan seru lainnya.

“Potensi pasar Indonesia ini sangat besar. Sejak April lalu, saya telah menerima kunjungan dari 40 kelompok wisatawan Indonesia. Mayoritas dari mereka adalah wisatawan berusia di atas 50 tahun, yang sudah matang secara finansial,” katanya.

Besarnya potensi pasar Indonesia itu juga dibenarkan oleh seller dari Vietnam. “Untuk menggarap pasar Indonesia, beberapa restoran di Vietnam sudah menyediakan makanan halal,” Damon Tan, Deputy General Manager Victoria Tourism.

BACA JUGA:   FLOII Convex 2022 Dukung Peluang Bisnis Tanaman Hias

Tidak hanya menggarap segmen leisure, beberapa seller juga menyasar segmen MICE. Seperti yang dilakukan oleh IndoGerman Travel. “Kami memfasilitasi atau mengatur kegiatan meeting di kawasan Eropa,” kata Dana Schuster, Managing Director IndoGerman Travel.