ASTINDO Travel Fair 2023 Dukung Pertumbuhan Pergerakan Wisatawan Nusantara

Thursday, 31 August 23 Harry
ASTINDO Travel Fair 2023

ASTINDO (Asosiasi Travel Indonesia) kembali menggelar pameran ASTINDO Travel Fair untuk yang kedua kalinya di tahun ini. Bertempat di PIK Avenue, ASTINDO Travel Fair 2023 akan digelar dari 31 Agustus sampai 3 September 2023. Selain di Jakarta, acara ini juga diadakan bersamaan di dua kota lainnya, yaitu di Surabaya dan Bali (1-3 September 2023).

ASTINDO Travel Fair kali ini merupakan perhelatan yang ke-15 kalinya di tahun yang ke-13. Pauline Suharno, Ketua Umum ASTINDO, mengatakan, “Tujuan ASTINDO mengadakan ASTINDO Travel Fair adalah memperkuat posisi travel agent karena mereka ini adalah garda terdepan yang mengemas seluruh komponen perjalanan, dari transportasi udara, laut, dan darat. Juga akomodasi, dari homestay hingga bintang 5, serta jasa pemandu perjalanan. Semua dikemas dalam satu paket wisata. Makanya kita bilang ini one stop shopping solution for your travel need.”

BACA JUGA:   Road to Indonesia Tourism Outlook 2019

“Semoga ini menjadi event yang menguntungkan bukan hanya bagi travel agent, tapi juga bagi masyarakat,” ujar Pauline.

Pauline menambahkan, hasil survei dari salah satu tur operator ternama internasional menunjukkan bahwa 54% orang tidak punya bayangan akan pergi ke mana saat mereka memulai rencana perjalanan. Dan 82% ingin travelling menggunakan jasa travel agent, bergabung dalam tur yang dipandu pemandu wisata, atau dipandu local expertise yang sangat paham tentang daerah tersebut sehingga memberikan jaminan untuk perjalanan dan pengalaman yang menyenangkan sekaligus berkesan dan tidak ribet harus mikir mau pergi ke mana.

“Karenanya konsep ASTINDO Travel Fair adalah multi-airlines, multi-destinations, multi-products, sehingga masyarakat memiliki banyak opsi untuk berbagai tujuan perjalanan mereka. Mau liburan naik pesawat, cruise, kereta, liburan keluarga, meeting, pameran, outing kantor, sport tourism, nonton konser, atau yang extreme seperti adventure, dark tourism. Tell me what you want, semua bisa difasilitasi oleh para travel agent anggota ASTINDO,” tambah Pauline.

BACA JUGA:   The Papandayan International Online Jazz Competition Perebutkan Hadiah Rp100 Juta

ASTINDO Travel Fair 2023 juga menghadirkan paket tur “Sensasi Berwisata di Indonesia Aja” dengan harga yang menarik. Pasalnya, ASTINDO memberikan subsidi berupa potongan harga sebesar Rp300.000 dan cashback Rp500.000 untuk setiap pembelian paket wisata di dalam negeri. Hal tersebut merupakan salah satu misi ASTINDO untuk membantu percepatan pergerakan wisatawan nusantara yang pada tahun ini ditargetkan mencapai 1,45 miliar pergerakan.

ASTINDO Travel Fair 2023 diikuti oleh 26 travel agent, 21 maskapai penerbangan, 7 NTO (national tourism organization), dan perusahaan pendukung lainnya dengan total sekitar 60-an peserta. Pauline menargetkan acara ini bisa dikunjungi hingga 28.000 orang, dengan target transaksi Rp48 miliar.

BACA JUGA:   ASTINDO Minta Pemerintah Kaji Ulang Harga Tiket Pesawat

Dody Santosa Iswan, Senior Vice President Transaction Banking Business Development BCA, mengatakan, “Kami sangat antusias terus mendukung gelaran ASTINDO Travel Fair. Perhelatan ini tentunya menjadi event yang sangat dinantikan oleh para wisatawan. Dalam event ini, BCA juga memberikan berbagai promo menarik, seperti cashback, potongan harga, bonus 1.000 KrisFlyer miles, dan opsi cicilan BCA 0% hingga 6 bulan menggunakan Kartu Kredit BCA. Kami berharap kegiatan ini dapat memfasilitasi nasabah BCA dan masyarakat umum dalam mewujudkan rencana liburan yang diimpikan, baik perjalanan domestik maupun internasional”.