Ubah Sampah Plastik Menjadi Uang Hanya di IIMS Hybrid 2021

Tuesday, 20 April 21 Bonita Ningsih
IIMS Hybrid 2021

Penyelenggaraan Indonesia International Motor Show (IIMS) Hybrid 2021 diisi dengan berbagai program dan penawaran menarik. Berbeda dari tahun-tahun sebelumnya, IIMS kali ini mengajak pengunjung untuk bergerak bersama menuju era normal baru Indonesia bersih.

Dalam hal ini, IIMS Hybrid 2021 menghadirkan program edukasi terkait pemanfaatan sampah plastik yang sering kali dibuang oleh penggunanya. Tak hanya sekadar teori, acara garapan Dyandra Promosindo ini juga mengajak para pengunjung untuk praktik langsung dalam memanfaatkan sampah plastik.

Untuk menjalankan program tersebut, IIMS Hybrid 2021 berkolaborasi dengan Plasticpay dan Berani Jaga Bumi Foundation dalam memanfaatkan sampah plastik. Pengunjung diajak untuk mengumpulkan sampah plastik yang mereka punya dan nantinya dapat ditukarkan menjadi Plasticpay Poin.

BACA JUGA:   Kolaborasi Singapura dan Indonesia untuk Memajukan Industri MICE

Sampah plastik yang telah terkumpul akan didaur ulang menjadi butiran, Recycled Polyster Staple Fiber (“Re-PSF”), benang, dan juga kain. Hasil daur ulang tersebut merupakan eco-friendly fiber sehingga sampah plastik tak lagi berbahaya bagi lingkungan. Bahkan, dengan daur ulang ini, sampah plastik akan memiliki kontribusi sosial bermakna multidimensi dan juga memiliki manfaat ekonomi di dalamnya.

Dampak ekonomi yang didapat adalah membantu industri kreatif Indonesia dengan mendaur ulang plastik yang dibuang. Misalnya saja kain daur ulang yang memenuhi standar kualitas tinggi, dapat digunakan untuk berbagai produk seperti bantal, boneka, tempat tidur, karpet, furnitur, interior otomotif dan produk non-woven/woven.

Bagi pengunjung yang ingin berpartisipasi pada kampanye IIMS x Plasticpay x Berani Jaga Bumi, dapat membawa sampah plastik saat berkunjung langsung ke area pameran. Nantinya, pengunjung dapat membuang sampah plastik tersebut di Mini Collection/Reserve Vending Machine yang berada pada area JIExpo Kemayoran, Jakarta.

BACA JUGA:   IIMS Hybrid 2021 Dijadikan Wadah Untuk Meningkatkan Pariwisata Berbasis Otomotif

Setelah itu, pengunjung dapat mengunduh aplikasi Plasticpay melalui Appstore atau Playstore untuk mendapatkan poin dan redeem ke uang elektronik.

Sementara itu, untuk datang ke JIExpo Kemayoran dapat membeli tiket melalui official website IIMS Hybrid 2021 atau datang langsung ke lokasi. Pengunjung cukup melakukan registrasi dengan melengkapi data diri yang dibutuhkan dan melakukan pembayaran tiket seharga Rp50.000 weekdays dan Rp70.000 weekend.