IIMS Hybrid 2021 Dijadikan Wadah Untuk Meningkatkan Pariwisata Berbasis Otomotif

Monday, 19 April 21 Bonita Ningsih
Sandiaga uno di IIMS 2021

Penyelenggaraan Indonesia International Motor Show (IIMS) Hybrid 2021 semakin meriah dengan kehadiran Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif Sandiaga Uno. Dalam hal ini, Sandiaga menghadiri sesi diskusi bersama Presiden Direktur Dyandra Promosindo Hendra Noor Saleh dan juga Komisaris Utama Perkumpulan Wisata Otomotif Indonesia (PWOI) Laja Lapian.

Sandiaga mengatakan, IIMS Hybrid 2021 berhasil menjadi event offline skala besar pertama yang diadakan di tengah pandemi. Bahkan, Sandiaga menilai bahwa pelaksanaan IIMS cukup berhasil dengan menjalankan protokol kesehatan berbasis CHSE yang ketat.

“Ini harapan kita agar event-event dapat terselenggara dengan tetap menjaga protokol kesehatan yang ketat dan disiplin. IIMS juga diharapkan dapat menjadi pembuka event-event lainnya berskala internasional, nasional, regional, maupun juga berskala lokal,” ungkap Sandiaga.

Selain itu, pemerintah juga menjadikan IIMS Hybrid sebagai sebuah langkah strategis untuk meningkatkan pariwisata berbasis otomotif. Pasalnya, pariwisata berbasis otomotif tengah menjadi tren di kalangan masyarakat selama masa pandemi.

BACA JUGA:   Kerja Sama Untuk Memulihkan Pariwisata Indonesia

Menurutnya, banyak masyarakat yang menggunakan kendaraan pribadi untuk mengunjungi dan melakukan eksplorasi eksotisme di suatu tempat Indonesia. Dengan adanya pergerakan tersebut, diharapkan dapat kembali memulihkan pariwisata Indonesia yang terdampak akibat pandemi COVID-19.

“Selama pandemi ini, kami melihat sektor ekonomi kreatif lokal Indonesia banyak dibantu dengan adanya touring yang dilakukan oleh masyarakat. Melalui touring ini pula diharapkan dapat membantu mengembangkan wisata otomotif ke depannya,” ungkap Sandiaga.

Pelaksanaan touring juga berkaitan erat dengan adanya komunitas otomotif yang tersebar di seluruh Indonesia. Banyak di antara mereka yang menghadirkan grup tur kecil untuk melakukan perjalanan wisata ke sebuah destinasi dengan jarak mudah dijangkau. Langkah tersebut dinilai sebagai salah satu instrumen penggerak pada industri pariwisata Tanah Air.

BACA JUGA:   Mengintip Peluang Indonesia sebagai Destinasi MICE Asia

“Apalagi, pariwisata ke depan diharapkan dapat terus menggunakan konsep personalized, customized, localized, dan smaller size. Ini semua dilakukan menyesuaikan dengan kondisi yang ada sehingga pariwisata dalam negeri dapat terus meningkat,” ucapnya lagi.

Sementara itu, Laja Laipan menambahkan, “Di tengah pandemi, 77 persen kegiatan pariwisata antar-kota menggunakan kendaraan pribadi seperti mobil dan motor. Oleh sebab itu, kami yakin bahwa industri otomotif akan meningkat dan beradaptasi seiring berjalannya waktu.”

Tak hanya itu, Laja juga mengaitkan pariwisata berbasis otomotif dengan destinasi super prioritas. Menurutnya, PWOI telah memiliki rencana untuk mengembangkan pariwisata berbasis otomotif pada sebuah destinasi khusus di Indonesia.

BACA JUGA:   IPA Convention and Exhibition 2017 Dorong Industri Migas yang Lesu

“Kami berharap agar wisata otomotif dan ekonomi kreatif di destinasi pariwisata, khususnya super prioritas, dapat bersinergi untuk menghasilkan sesuatu yang terbaik. Mengedepankan inovasi dan kolaborasi pada seluruh sektor yang terkait,” kata Laja.

Gelaran IIMS Hybrid 2021 berlangsung sejak tanggal 15-25 April 2021 secara offline di JIExpo Kemayoran maupun online melalui www.indonesianmotorshow.com. Tiket masuk IIMS Hybrid 2021 dapat dibeli dengan harga Rp 50.000 saat weekdays dan Rp70.000 di akhir pekan.