World Superbike 2023 Ditargetkan Dapat Menghadirkan 70.000 Penonton

Tuesday, 21 February 23 Bonita Ningsih
Lombok, Indonesia- March 20, 2022 : Motogp racing at Mandalika Circuit

Ajang balap motor kelas dunia World Superbike 2023 (WSBK) kembali digelar pada 3-5 Maret 2023. Secara tiga tahun berturut-turut, event internasional ini akan digelar di Indonesia tepatnya di Pertamina Mandalika International Street Circuit atau biasa disebut Sirkuit Mandalika.

Sirkuit Mandalika merupakan sirkuit balap kelas dunia yang terletak di Kawasan Ekonomi Khusus Mandalika di Desa Kuta, Lombok Tengah, Nusa Tenggara Barat (NTB). Dengan panjang 4,31 km, sirkuit ini memiliki total 17 tikungan yang akan dilalui para pembalap di ajang WSBK 2023.

Menuju acara puncak WSBK 2023, pihak penyelenggara terus mengoptimalkan persiapannya agar ajang internasional ini dapat berjalan dengan baik. Persiapan yang telah dilakukan rutin dari beberapa waktu belakangan ini adalah terkait jalur lintasan di Sirkuit Mandalika.

BACA JUGA:   Trade Expo Indonesia 2019 Menargetkan 1.250 Peserta

Untuk memastikan jalur lintasan dalam sirkuit dapat digunakan dengan baik, pihak penyelenggara rutin melakukan track day setiap minggunya. Mereka juga melakukan perbaikan sirkuit hingga pengecekan rutin terhadap 17 tikungan ekstrim yang ada pada Sirkuit Mandalika.

Para panitia juga rutin melakukan pengecekan fasilitas di sirkuit seperti timing system, sistem pencahayaan, dan race control yang akan digunakan. Bahkan, apabila ada komponen fasilitas yang rusak akan segera diperbaiki atau diganti dengan yang baru. 

Selain itu, penyelenggara juga mulai menertibkan keberadaan pedagang kaki lima yang sering berjualan di sekitar kawasan Sirkuit Mandalika. Hal ini dilakukan agar pedagang kaki lima tersebut tidak mengganggu rangkaian kegiatan yang akan digelar untuk menyukseskan WSBK 2023.

BACA JUGA:   Berburu Diskon Rp7 Juta di Jenius Online Travel Fair

Seperti yang diketahui, pihak penyelenggara telah merencanakan akan menggelar side event untuk menyambut pagelaran WSBK 2023. Salah satu side event yang akan digelar adalah Festival Bau Nyale dengan tujuan dapat menarik banyak masyarakat untuk datang ke Mandalika.

Serangkaian kegiatan tersebut membuat pihak penyelenggara menargetkan dapat menghadirkan 70.000 penonton saat WSBK 2023. Jumlah tersebut meningkat dari penyelenggaraan WSBK 2022 yang dihadiri oleh 51.629 penonton. 

Target penonton tersebut juga diperkuat dengan penjualan tiket WSBK 2023 yang terus meningkat. Bahkan, tiket VIP Premiere Class untuk menonton WSBK 2023 telah terjual habis dengan start penjualan pada tanggal 12 Januari silam.

BACA JUGA:   Sahara dan Aero Travel ingin Mencetak Wirausahawan

Tingginya antusiasme masyarakat baik lokal maupun mancanegara, diharapkan dapat mendongkrak citra pariwisata Indonesia di mata dunia. Tak hanya itu, WSBK 2023, juga dapat membuka peluang usaha baru di sekitar Mandalika sehingga diharapkan dapat meningkatkan nilai ekonomi sektor parekraf.