Menuju Indonesian GP 2023, Sirkuit Mandalika Ditutup Sementara Waktu

Tuesday, 19 September 23 Bonita Ningsih

Pertamina Grand Prix of Indonesia (Indonesian GP) 2023 akan segera hadir di Pertamina Mandalika International Circuit, Lombok Tengah, Nusa Tenggara Barat (NTB) pada 13-15 Oktober 2023 mendatang. Berbagai persiapan terus dilakukan PT MGPA Nusantara Jaya (MGPA) yang menjadi pengelola sirkuit dan promotor event untuk mematangkan gelaran bergengsi tersebut.

Direktur Utama MGPA Priandhi Satria mengatakan persiapan ini menjadi bagian sangat penting untuk kesuksesan ajang balap internasional tersebut. Selama persiapan berlangsung, pihaknya akan menutup sementara Pertamina Mandalika International Circuit agar pekerjaan yang dilakukan lebih optimal. 

“Kami melakukan penutupan Pertamina Mandalika International Circuit mulai 18 September 2023 hingga gelaran event selesai pada 15 Oktober 2023. Penutupan berlaku bagi semua kegiatan umum seperti Track-Day, Track-Walk, dan juga kunjungan lainnya,” jelas Priandhi Satria.

Beberapa persiapan yang akan dilakukan mencakup area lintasan (track), paddock, dan inner-circuit. Persiapan yang dilakukan di area track mencakup pengecatan ulang kerb dan area run-off. Pihaknya juga akan melakukan pemasangan sensor untuk area track-limit yang baru sesuai permintaan FIM, serta timing system. 

Proses pengecatan ulang track Pertamina Mandalika International Circuit telah dimulai di beberapa kerb dan run-off area. Pengecatan ulang akan dilakukan di area dengan total luas hingga 27.381 meter persegi. 

BACA JUGA:   Kemenparekraf Gandeng 12 Pelaku MICE Indonesia dalam Ajang IT&CMA 2023

Tahap pertama yang dilakukan adalah dengan melepaskan hingga membersihkan cat lama di beberapa kerb dan run-off area. Pembersihan ini dilakukan di bagian yang sudah memudar atau rusak akibat paparan cuaca dan penggunaan berkepanjangan. 

Setelahnya, dilakukan penyiraman air bertekanan tinggi lalu pengeringan untuk mempersiapkan dasar permukaan pengecatan ulang. Kemudian, area tersebut siap dilakukan pengecatan ulang. Menurut Priandhi, pengecatan ulang track Pertamina Mandalika International Circuit merupakan pekerjaan yang sangat krusial karena menyangkut kualitas lintasan bagi keselamatan pembalap.

“Seluruh proses pengecatan ulang dilakukan secara detil oleh tim Roadgrip yang merupakan ahli berpengalaman dalam perawatan sirkuit dan menggunakan bahan cat khusus kerb yang tentunya sudah lulus standar homologasi FIM,” kata Priandhi.  

BACA JUGA:   ASTINDO Hybrid Travel Fair Targetkan Rp50 Miliar Transaksi

Selain memastikan keamanan balapan, pengecatan ulang track juga akan mempercantik Pertamina Mandalika International Circuit. Menurutnya, langkah ini dilakukan untuk memberikan citra baik bagi Indonesia khususnya dalam menyelenggarakan MotoGP di Mandalika, Lombok, NTB. 

“Dengan adanya ajang internasional ini, tentunya akan banyak yang hadir mulai dari tim balap hingga media. Tentunya, siaran televisi juga akan ditayangkan secara langsung di berbagai negara,” dia menambahkan.

Persiapan lainnya juga dilakukan pada bagian paddock yang bekerja sama dengan Dyandra&Co. sebagai co-promotor Indonesian GP 2023. Kerja sama yang dilakukan antara MGPA dengan Dyandra&Co. adalah melakukan penempatan berbagai tenda dan bangunan penunjang di area tersebut. 

Kerja sama juga berlanjut pada area inner-circuit berupa pemasangan panggung musik hingga Motorsport Zone. Keduanya juga akan membuat booth tenda untuk para UMKM, area makan dan minum untuk memenuhi kebutuhan pengunjung, hingga berbagai keperluan lainnya.

BACA JUGA:   Kemenparekraf Hadirkan Food Truck Hingga Festival Jajanan Bango di Mandalika

Presiden Direktur Dyandra&Co. Daswar Marpaung menambahkan bahwa pihaknya akan mematangkan persiapan di sejumlah fasilitas penunjang untuk rangkaian side event Indonesian GP 2023. Dengan tujuan untuk memberikan kenyamanan dan pengalaman yang berbeda bagi para penonton langsung Indonesian GP 2023.

“Dengan antusiasme yang tinggi dari penggemar MotoGP di Indonesia, kami ingin menawarkan pengalaman yang tak terlupakan bagi para pengunjung dengan memastikan kesiapan fasilitas side event yang dapat diikuti selama Indonesian GP 2023 berlangsung,” ujar Daswar.