World Superbike 2023 Kembali Digelar di Sirkuit Mandalika pada Maret Mendatang

Tuesday, 21 February 23 Mochamad Fahrudin

Indonesia kembali menjadi tuan rumah ajang balap motor kelas dunia yaitu World Superbike 2023 (WSBK 2023). Tahun ini, menjadi kali ketiga Indonesia dipercaya sebagai tuan rumah ajang internasional ini dan menjadi sebuah kebanggaan bagi masyarakat Indonesia.

Sama seperti tahun-tahun sebelumnya, WSBK, diselenggarakan di Pertamina Mandalika International Street Circuit atau biasa disebut Sirkuit Mandalika pada 3-5 Maret 2023. Sirkuit Mandalika merupakan sirkuit balap kelas dunia yang terletak di Kawasan Ekonomi Khusus Mandalika di Desa Kuta, Lombok Tengah, Nusa Tenggara Barat (NTB). Dengan panjang 4,31 km, sirkuit ini memiliki total 17 tikungan yang akan dilalui para pembalap di ajang WSBK 2023.

BACA JUGA:   Catatan Akhir Tahun 2020, Menjawab Tantangan 2021

Kehadiran WSBK menjadi sesuatu yang ditunggu oleh masyarakat Indonesia, khususnya yang berada di NTB. Tak hanya menghadirkan tontonan yang menarik bagi masyarakat, event ini juga menjadi awal pertumbuhan sektor pariwisata dan ekonomi kreatif di Mandalika.

Selama dua tahun terakhir, event ini mampu memberikan multiplier effect bagi masyarakat yang tinggal di sekitar Mandalika. Dengan demikian, ekosistem pariwisata di sana menjadi lebih hidup dan penyerapan tenaga kerjanya semakin luas. Pelaku ekonomi kreatif yang terlibat di dalamnya pun akan terus meningkat seiring dengan pulihnya kondisi COVID-19.

BACA JUGA:   Visit Beautiful West Sumatra 2023 Hadirkan 85 Event Dalam Setahun

Lebih dari itu, WSBK, dinilai dapat membantu perputaran ekonomi pada sektor pariwisata di daerah Mandalika. Hal tersebut terlihat dari tumbuhnya akomodasi hotel serta omzet pelaku pariwisata yang terus mengalami peningkatan.

Keterlibatan masyarakat Indonesia dalam acara ini juga terlihat dari jumlah marshal (panitia) yang terlibat dalam WSBK 2023. Jika sebelumnya jumlah marshal asing yang terlibat berjumlah 11 orang, pada penyelenggaraan tahun ini hanya ada satu marshal asing. Dapat diartikan bahwa marshal yang terlibat dalam WSBK 2023 itu 99 persen dilakukan oleh orang Indonesia. 

BACA JUGA:   Hospital Expo, Ajang Memperluas Pasar ke Luar Negeri

Dengan ketentuan tersebut, event ini dapat membuka lapangan pekerjaan baru dan mampu menyerap tenaga kerja lokal lebih banyak lagi. Tak hanya itu, WSBK 2023 juga diharapkan dapat meningkatkan nilai ekonomi pelaku pariwisata dan ekonomi kreatif di Nusa Tenggara Barat, khususnya Mandalika.