7 Syarat Menjadi Destinasi MICE

Monday, 14 January 19 0 Comments   Herry Drajat
Destinasi MICE

Kegiatan MICE (Meeting, Incentive, Convention, Exhibition) saat ini sedang berkembang di Indonesia. Hal itu bisa dilihat dari semakin banyaknya event yang diselenggarakan di Indonesia, baik skala nasional maupun internasional. Mereka yang datang (delegasi) untuk menghadiri sebuah event membutuhkan berbagai macam fasilitas lain di luar kebutuhan event, misalkan fasilitas hiburan, belanja, kuliner, dan lain sebagainya.

Wisatawan MICE, yang disebut juga dengan business traveler, memiliki beberapa kelebihan dibanding wisatawan biasa, di antaranya adalah sebagai opinion leader. Penilaian mereka tentang suatu wilayah yang melaksanakan sebuah konferensi dapat memberikan pengaruh bagi pihak lain. Turis MICE juga tergolong quality tourist karena mereka tinggal lebih lama dan lebih banyak menghabiskan uang daripada wisatawan biasa, bahkan ditengarai pengeluarannya tujuh kali lipat daripada wisatawan leisure. Mereka adalah sebuah aset yang berharga bagi industri pariwisata.

Pasar dari industri MICE adalah pasar yang tidak mudah terpengaruh oleh fluktuasi harga dibanding pasar leisure, dan multiplier effect pada bidang ekonomi tidak diragukan lagi. Saat ini efek globalisasi juga telah memengaruhi tren persaingan pada industri ini yang sebelumnya persaingan antar-perusahaan, saat ini menjadi persaingan antar-destinasi.

Suatu wilayah yang ingin mengembangkan destinasi MICE, harus memerhatikan 3 A, yaitu atraksi, aksesibilitas, dan amenitas. Untuk bisa mewujudkan 3A tadi, ada tujuh hal utama yang harus disiapkan, yaitu fasilitas meeting dan konferensi; fasilitas pameran; dukungan fasilitas entertainment termasuk daya tarik wisata alam dan budaya; aksesibilitas berupa bandara internasional beserta layanannya; fasilitas akomodasi dengan banyak pilihan serta kualitas pelayanan yang prima; lingkungan sekitar yang terdapat fasilitas umum, perbankan dengan keamanan yang terjamin; serta citra destinasi yang baik, mempunyai reputasi, bersih dan aman.

Jika semua hal tersebut sudah dipenuhi, yang tak kalah penting adalah peran pemerintah, yaitu dengan membuat event berkelas nasional dan internasional pada destinasi tersebut serta membantu mempromosikannya.