ASTON Anyer Beach Hotel Dukung Upaya Pelestarian Badak Jawa

Wednesday, 28 September 22 Bonita Ningsih

ASTON Anyer Beach Hotel bekerja sama dengan Balai Taman Nasional Ujung Kulon dan OFORA Trust Foundation menggelar sebuah talkshow terkait informasi mengenai badak, khususnya Badak Jawa. Acara ini diselenggarakan dalam rangka memperingati Hari Badak Sedunia yang jatuh pada 22 September 2022.

Talkshow mengenai badak Jawa digelar pada 24 September 2022 di Hotel’s Pier ASTON Anyer. Sejumlah narasumber telah dihadirkan dalam acara ini seperti perwakilan dari Balai Taman Nasional Ujung Kulon yaitu Ujang Acep selaku Kepala SPTN II Wilayah Hadeuleum. Kemudian ada Asep Yayus dari Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan Republik Indonesia dan Ofat Sofatudsin dari OFORA Trust Foundation. 

BACA JUGA:   Ramadan Festive di Fraser Residence Sudirman Jakarta

Berbagai ilmu pengetahuan mengenai badak Jawa dihadirkan dalam talkshow ini dan dibawakan dengan baik oleh para narasumber. Informasi yang dihadirkan mulai dari pengenalan badak, populasi, habitat, hingga perilakunya. Masyarakat juga diberikan informasi terkait tugas-tugas yang dilakukan tim Monitoring Badak Jawa (MBJ), seperti simulasi pemasangan kamera video trap serta smart patrol. 

Doddy Fathurahman, Regional General Manager dari ASTON Anyer Beach Hotel dan ASTON Cilegon Boutique Hotel, mengatakan bahwa kegiatan ini sebagai salah satu bentuk kepedulian pihaknya dalam mendukung berbagai upaya pelestarian badak Jawa. Melalui acara ini juga, pihaknya dapat berbagi ilmu dengan para tamu dan generasi penerus agar ikut meningkatkan kepeduliannya terhadap lingkungan sekitar, terutama badak Jawa.

BACA JUGA:   Dukung Pariwisata Berkelanjutan, Bobobox Gunakan Prinsip Modularitas dan Prefabrikasi

“Kami sangat senang menyelenggarakan kegiatan positif seperti ini, apalagi ditambah dengan dukungan dan kerja sama yang baik sekali dari Balai Taman Nasional Ujung Kulon dan OFORA Foundation,” ujar Doddy.

Dalam kegiatan ini, ASTON Anyer Beach Hotel, juga memberikan voucher menginap untuk tim Monitoring Badak Jawa yang telah berhasil menemukan perangkap badak dan membantu melestarikan kelangsungan hidup badak Jawa. Seperti diketahui, saat ini hanya ada sekitar 77 ekor badak Jawa yang hidup di kawasan Taman Nasional Ujung Kulon.