Belajar Berkebun Hidroponik di Bali Dynasty Resort

Thursday, 02 January 20 Herry Drajat
Bali Dynasty Resort

Untuk mendukung ekowisata dan green lifestyle sustainability, Bali Dynasty Resort menghadirkan kebun hidroponik mini di area hotelnya. Kebun yang berada di area Duck Pond Garden ini ditanami berbagai buah-buahan segar, sayuran, dan herbal yang benar-benar bebas dari bahan kimia berbahaya dan pestisida.

Keberadaan kebun ini selain berfungsi sebagai sarana edukasi bagi para staf dan juga anggota komunitas lokal, juga sebagai salah satu cara menunjukkan betapa mudahnya menanam tumbuh-tumbuhan dan sayuran pilihan dengan teknologi hidroponik. Kebun hidroponik ini juga menjadi hiburan tersendiri bagi para tamu yang menginap, khususnya bagi tamu keluarga.

Kebun hidroponik mini yang berada di bawah pengawasan General Manager Bali Dynasty Resort Didit Indra dan Chef Bali Dynasty Resort Nyoman Suastika ini baru saja melakukan panen perdana.

“Pertanian hidroponik adalah metode yang sangat baik untuk menanam dengan media air, tanpa penggunaan tanah di mana nutrisi dikirim langsung ke sistem akar. Rumah hijau juga menyediakan kondisi ideal karena tanaman dapat tumbuh kuat dan cepat terlepas dari musim di luar. Pada dasarnya, pertanian hidroponik memungkinkan produksi pangan yang andal dan aman,” ujar Didit Indra.

Kegiatan pertanian ramah lingkungan ini memberi akses tanpa batas ke produk organik yang mengandung nutrisi setinggi mungkin. Segala sesuatu yang tumbuh di lokasi tidak menggunakan tanah, 90% lebih sedikit air, 70% lebih sedikit tanah, dan 50% lebih sedikit pupuk. Dan hal ini memperkuat kembali komitmen sustainability dan healthy lifestyle yang telah ditetapkan oleh manajemen melalui pengurangan penggunaan air dan pemenuhan kebutuhan bahan makanan yang sehat.