Club Med Mengejar Pasar MICE

Wednesday, 20 April 16   4 Views   0 Comments   Venue

Menyusul terjadinya akuisisi oleh Fosun International pada bulan Maret 2015, semua resor Club Med telah membuat divisi baru khusus MICE. Divisi ini akan menyediakan paket-paket meeting serta memberikan insentif kepada para penyelenggara acara dan meeting untuk membawa lebih banyak event korporat ke seluruh properti Club Med.

Sebastien Portes, General Manager Club Med Hong Kong dan Macau, mengatakan, grup Club Med saat ini menjadi tempat yang cocok untuk menyelenggarakan kegiatan MICE dan akan mencoba ambil bagian dari pasar MICE di Hong Kong meskipun masih menjadi pemain kecil, hanya tiga persen dari bisnis MICE di Hong Kong pada 2015.

“Performa kami sejauh ini di pasar MICE masih bergantung dari berbagai faktor, seperti tidak adanya tim khusus MICE dan kurangnya investasi untuk berpromosi,” ujar Portes. Namun, dengan adanya divisi baru yang dibentuk enam bulan lalu, Portes yakin penjualan untuk ruang meeting akan tumbuh 10 kali lipat dalam tiga tahun ke depan.

Selain meluncurkan situs khusus untuk pasar MICE di Hong Kong pada pertengahan 2016, Club Med juga akan memberikan komisi yang lebih besar bagi agen atau penyelenggara acara yang membawa kliennya meeting di properti Club Med. Sejak 1 April 2016, setiap agen atau penyelenggara acara yang membawa grup lebih dari 40 orang dipastikan mendapat tambahan komisi tiga persen.

Julien Hauss, Business Development Manager MICE Club Med, mengatakan, “Kami merupakan satu-satunya pemain yang memberikan segalanya, dan sekarang kami memiliki properti di dekat Hong Kong, yakni Dong’ao Island Hotel, Zhuhai yang memiliki 300 kamar dan fasilitas MICE lengkap.”

Hauss menambahkan bahwa Club Med menarget perusahaan-perusahaan besar di bidang keuangan, asuransi, kesehatan, dan teknologi karena perusahaan-perusahaan tersebut selalu mengadakan acara tiap tahun meskipun perekonomian sedang buruk.

Resor Club Med menyediakan pemakaian ruang multifungsi dan tambahan perlengkapan, seperti overhead projectors dan layar. Untuk grup berjumlah 500 orang, pemakaian seluruh ruang sangat memungkinkan.

Sementara itu, Club Med akan melanjutkan ekspansinya di Cina dengan membuka Joyview by Club Med pada tahun depan. Dua properti di bawah brand tersebut akan hadir di Shanghai. Menurut Portes, brand tersebut didedikasikan khusus pasar Cina, yakni properti dibangun di kota sekunder yang berjarak dua hingga tiga jam berkendara ke kota besar.

“Selain itu, Club Med Ski Resort kami yang kedua di Cina akan dibuka di Jilin pada November tahun ini. Properti tersebut akan menawarkan fasilitas MICE yang lengkap dan kegiatan ski bagi grup korporat,” ujar Portes.

Penulis: Harry Purnama