Grandkemang Jakarta Berpartisipasi dalam Clean Up Jakarta Day 2017

Monday, 16 October 17 Harry Purnama
Clean Up Jakarta Day 2017 Grandkemang Jakarta

Grandkemang Jakarta berhasil membersihkan area Kemang pada acara Clean Up Jakarta Day 2017 yang berlangsung pada 8 Oktober 2017. Ini merupakan tahun ke-5 grandkemang Jakarta mendukung dan memimpin area Kemang Raya dengan total lebih dari 250 peserta yang berpartisipasi. Clean Up Jakarta Day 2017 sendiri diadakan secara serentak di 72 lokasi di Jakarta dengan lebih dari 18.000 sukarelawan.

Tahun ini sedikit berbeda dari tahun-tahun sebelumnya, karena Lions Club Magnolia, Waste4Change, dan Greeneration Foundation turut membantu grandkemang Jakarta dalam mengatur area Kemang. Para peserta, mulai murid dan guru sekolah negeri maupun swasta, karyawan dari perusahaan sekitar Kemang, dan beberapa organisasi berkumpul di halaman parkir grandkemang Jakarta pada pukul 6.30 pagi untuk melakukan registrasi dan mengambil sarung tangan sambil menikmati beberapa makanan sehat, kopi, dan teh yang disediakan oleh hotel serta minuman segar dari Coca Cola sebagai salah satu sponsor Clean Up Jakarta Day.

Dengan penuh semangat, seluruh partisipan mulai berbaris sesuai kelompok yang sudah diatur. Mereka dibagi ke dalam dua kelompok, yaitu A dan B. Kelompok A melewati area Taman Kemang serta kelompok B melewati area Bangka XI dan bertemu di Ecology 365 sebagai titik tengah untuk mengumpulkan sampah-sampah yang akan diangkut oleh truk dari Dinas Kebersihan.

Para peserta mengambil puntung rokok, kaleng, plastik, kertas, dan sampah-sampah lain menggunakan tangan mereka yang ditutup oleh sarung tangan. Sampah yang dikumpulkan dipisahkan menjadi dua kategori, yaitu sampah yang bisa didaur ulang dan yang tidak bisa didaur ulang. Para peserta harus memasukkan sampah yang bisa didaur ulang ke dalam karung dengan tanda centang, serta sampah yang tidak bisa didaur ulang ke dalam karung yang tidak ada tandanya.

Clean Up Jakarta Day merupakan acara tahunan yang mempertemukan masyarakat dan relawan melalui kegiatan gotong royong dengan semangat untuk menjadikan Jakarta yang lebih bersih. Acara ini dibuat oleh Angela Richardson, mantan Pemimpin Redaksi Indonesia Expat, dengan tujuan untuk meningkatkan kesadaran tentang pentingnya mendaur ulang sampah serta menjaga kelestarian lingkungan Jakarta. Visinya adalah menjadikan setiap hari sebagai Clean Up Jakarta Day dan membentuk kesadaran serta tanggung jawab warga demi Jakarta yang lebih baik.