Kerja Sama Accor dan Kementan Untuk Gerakan Konsumsi Pangan Lokal

Monday, 24 May 21 Bonita Ningsih
Gerakan pangan lokal Accor-Kementerian pertanian

Kementerian Pertanian (Kementan) bersama grup perhotelan Accor menyepakati kerja sama gerakan konsumsi pangan lokal. Kerja sama ini menjadi komitmen semua pihak dalam menghidupkan perekonomian nasional melalui sektor konsumsi pangan lokal.

Suwandi, Direktur Jenderal Tanaman Pangan Kementan, menjelaskan, kerja sama ini dimulai dengan cara menyuplai bahan pangan lokal ke dalam hotel-hotel naungan Accor di Indonesia. Dalam perjanjian ini menyebutkan pihak Accor siap memasukkan bahan dan menu makanan lokal sebagai hidangan andalan bagi para tamu yang datang.

“Jaringan Accor di dunia ini sudah ada lebih dari 5.000 hotel. Jadi, langkah pertama yang kita lakukan adalah memasukkan produk pangan lokal ke hotel-hotel Accor di Indonesia,” ungkap Suwandi.

Sebagai langkah awal, Accor akan memulainya di hotel daerah Semarang dan kemudian menyusul kota lainnya. Beberapa penganan lokal yang akan dimasukkan ke dalam hotel di antaranya olahan tepung mocaf, minuman bandrek, bajigur, dan sekoteng. Semua makanan tersebut didapatkan dari hasil penyerapan para petani lokal di daerahnya.

BACA JUGA:   Layanan Pesan-Antar Makanan dari Grandkemang Jakarta

“Bahkan, kita sudah menandatangani MoU dengan petani di Sukabumi untuk menyuplai bahan penganan lokal,” katanya lagi.

Syahrul Yasin Limpo, Menteri Pertanian, mengungkapkan bahwa pertanian merupakan salah satu sektor yang paling berperan dan berkontribusi besar terhadap perbaikan ekonomi nasional. Dalam membangun pertanian juga harus dilakukan secara bersama-bersama dengan berbagai pihak, termasuk para pelaku usaha. Maka dari itu, kerja sama ini hadir untuk memberikan kemakmuran bagi negara dan masyarakat di sekitarnya.

“Kita tahu bahwa kita punya singkong, ubi kayu, pisang, sagu, sorgum, dan lainnya. Semua penganan lokal ini bisa kita manfaatkan untuk menghadirkan lapangan kerja dalam memperbaiki ekonomi nasional,” ujar Syahrul Yasin Limpo.

Adi Satria, Senior Vice President Operations and Government Relations Accor Indonesia & Malaysia, mengatakan bahwa kerja sama ini sebagai salah satu bentuk komitmen dalam mendukung gerakan nasional “Bangga Buatan Indonesia”. Adi juga menyampaikan terima kasih atas dukungan dan arahan Kementerian Pertanian terhadap perkembangan pangan lokal sebagai bahan konsumsi tamu hotel.

BACA JUGA:   Target Ambisius Accor pada Tahun 2021

“Hingga saat ini, Accor Indonesia selalu berkomitmen mendukung gerakan nasional tersebut dan dalam hal ini gerakan konsumsi pangan lokal. Kami sangat menyambut baik kerja sama ini karena dapat membantu juga menyerap hasil para petani maupun UMKM,” jelas Adi.

Kerja sama ini juga sejalan dengan program “Rediscover Indonesia” yang telah dilakukan Accor sepanjang tahun. Rediscover Indonesia dilaksanakan secara serentak di lebih dari 130 hotel-hotel Accor Indonesia, mulai dari merek ekonomi hingga luxury. Program ini mengajak wisatawan untuk mengapresiasi destinasi alam Indonesia, seni dan budaya, aktivitas yang mendukung kesehatan dan kebugaran, serta kuliner, termasuk juga pangan lokal.

BACA JUGA:   Accor Luncurkan Kompleks Hotel Multi Merek Pertama di Bandung

Hadirnya produk pangan lokal pilihan di hotel-hotel Accor akan memberikan variasi pengalaman bersantap yang berbeda dari sebelumnya. Tidak hanya lezat, penganan lokal yang disajikan juga dapat membuat tubuh sehat dan bugar.

Tak hanya menyajikan hidangan lokal yang nikmat, Accor juga akan memprioritaskan keamanan para tamu, mitra, hingga karyawan dengan program ALLSAFE. Program ini menghadirkan label kebersihan dan pencegahan global Accor yang diimplementasikan di semua hotel Accor Indonesia. Pelaksanaan ALLSAFE juga dilakukan bersama protokol kesehatan dan pedoman CHSE (Cleanliness, Health, Safety, and Environmental Sustainability) dari pemerintah Indonesia.