Peran PT Hotel Indonesia Natour (Persero) di RS Darurat Wisma Atlet Kemayoran

Thursday, 07 May 20 Harry

Sehubungan dengan berkembangnya wabah COVID-19 di Indonesia dan jumlah pasien yang cukup banyak, Presiden Joko Widodo telah menetapkan kejadian ini sebagai bencana nasional. Untuk itu, sesuai komitmen Kementerian BUMN dalam mendukung kebijakan pemerintah, khususnya dalam penanganan COVID-19, maka sesuai Surat Kementerian BUMN  Nomor S-80/S.MBU/03/2020 perihal Surat Tugas Pengawasan dan Pengawalan atas Pelaksanaan Kegiatan Penanggulangan COVID-19 serta Surat Nota Dinas dari PMO BUMN No: PMO.BUMN/RSD.004/2020 perihal permohonan untuk mendukung Kebutuhan Operasional RS Darurat Wisma Atlet Kemayoran Jakarta, PT Hotel Indonesia Natour (Persero) melaksanakan pengelolaan rumah sakit darurat Wisma Atlet Kemayoran Jakarta sebagai bagian penugasan dan dukungan dalam penanganan COVID-19.

Dalam kerja sama ini, PT Hotel Indonesia Natour (Persero) bertanggung jawab menyediakan jasa housekeeping dan katering di Wisma Atlet Kemayoran. Untuk melaksanakan hal tersebut, HIN diperkuat oleh 162 personnel yang terdiri dari 9 orang koordinator lapangan, 5 orang supporting, 80 anggota tim, 50 tim CSI, dan 18 orang bertugas di bagian katering.

BACA JUGA:   Hotel Sultan Operasikan Kembali Penthouse Terbesar di Jakarta

Secara detail, ada tiga kegiatan utama yang dilaksanakan oleh PT Hotel Indonesia Natour (Persero). Pertama, menyiapkan 787 unit kamar di Tower 7 dan 861 kamar di Tower 4, dengan total kasur yang tersedia di kedua tower tersebut sebanyak 3.680 kasur.

Kedua, PT Hotel Indonesia Natour (Persero) bertanggung jawab menyiapkan perlengkapan yang meliputi handuk, hanger baju, ember dan gayung, kain pel, sapu, keset kaki, serta tissue di dalam kamar.

BACA JUGA:   Padma Hotels Raih Penghargaan dari TripAdvisor

Ketiga, PT Hotel Indonesia Natour (Persero) menyiapkan perlengkapan (guest amenities) untuk pasien yang masuk, yang berisi sabun, sampo, sikat gigi, pasta gigi, sandal, cotton bud, tumbler, dan shaver.

RS Darurat Wisma Atlet Kemayoran ini telah mengoperasikan tiga tower, yakni Tower 4, Tower 6, dan Tower 7. Ruang isolasi pasien terletak di Tower 7 yang merupakan zona merah, sementara tower 4 yang merupakan zona kuning disediakan untuk mengakomodir petugas medis. Sementara itu tower 6 disiapkan sebagai antisipasi sekiranya sampai terjadi lonjakan pasien.

Selain memastikan kegiatan housekeeping berjalan baik dan lancar sehingga kebersihan dan higienis tower selalu terjaga, HIN juga menyiapkan katering bagi para petugas medis dan pasien yang terdiri dari menu utama sebanyak tiga kali setiap hari serta snack/coffee break satu kali sehari yang didistribusikan ke seluruh tower yang dioperasikan.

BACA JUGA:   Hotel Grand Zuri BSD City Hadirkan Korean Food Festival 

Untuk menjamin keselamatan dan kelancaran dalam melaksanakan tugas, seluruh personnel HIN dilengkapi dengan APD dan berbagai perlengkapan lain yang memenuhi ketentuan protokol pelayanan COVID-19.