PHRI Lakukan Simulasi Protokol Kesehatan

Friday, 10 July 20 Bonita Ningsih

Memasuki era new normal, protokol kesehatan telah dipersiapkan dengan baik oleh para pelaku pariwisata, salah satunya dilakukan oleh Perhimpunan Hotel dan Restoran Indonesia (PHRI).

Untuk memulai tatanan kenormalan baru, PHRI menggelar simulasi protokol kesehatan di Hotel JS Luwansa, Jakarta, pada 8 Juli 2020. Simulasi ini dihadiri oleh Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif Wishnutama Kusubandio, Wakil Gubernur DKI Jakarta Ahmad Riza Patria, Ketua Umum PHRI Hariyadi BS. Sukamdani, jajaran dari Kementerian Kesehatan, dan Gugus Tugas Nasional Penanggulangan COVID-19.

Dalam pelaksanaan simulasinya, PHRI bekerja sama dengan Kemenparekraf untuk memantau secara langsung protokol kesehatan di sektor perhotelan dan restoran. Kegiatan ini juga sebagai momentum untuk kembali menghidupkan pariwisata nasional yang sebelumnya terganggu akibat COVID-19.

Simulasi protokol kesehatan ini dilaksanakan dengan tajuk “KAMI SIAP” untuk memperlihatkan ke khalayak umum bahwa sektor hotel dan restoran telah siap kembali menerima para tamu. Tidak hanya sekadar sebagai akomodasi, tetapi juga untuk kegiatan rapat hingga acara-acara besar di hotel atau restoran.

“Kami ingin meyakinkan kepada publik, pemerintah pusat, maupun daerah bahwa jangan ragu untuk kembali beraktivitas bisnis atau liburan di hotel, banquet, ataupun restoran. Dengan kembali aktif kegiatan tersebut, ini juga dapat memulihkan ekonomi nasional yang saat ini mengalami perlambatan” ungkap Hariyadi.

Sementara itu, Wishnutama memberikan apresiasi kepada PHRI karena telah berhasil mendorong sektor perhotelan dan restoran di Indonesia untuk menerapkan protokol kesehatan yang telah diatur pemerintah. Melalui simulasi ini, ia berharap agar sektor usaha lain di industri pariwisata dapat mengikuti langkah PHRI untuk melakukan hal yang serupa.

“Cara ini agar menumbuhkan kepercayaan masyarakat terhadap industri pariwisata nasional sehingga pariwisata kita dapat berangsur pulih,” ujar Wishnutama.

Dalam hal ini, Maulana Yusran selaku Sekjen PHRI mengucapkan terima kasih kepada Menparekraf beserta jajarannya karena telah mendukung kegiatan simulasi secara nasional yang digelar oleh PHRI. Ia juga meminta dukungan kepada kepala daerah beserta jajarannya yang berada di Dinas Pariwisata agar mendukung upayanya untuk memulihkan pariwisata secara bertahap, terukur, dan pasti.