Program Hygiene Pass Dari RedDoorz Diikuti Lebih dari 400 Hotel

Monday, 14 September 20 Bonita Ningsih
Hygiene Pass

Pandemi COVID-19 menimbulkan adaptasi kebiasaan baru bagi masyarakat untuk hidup lebih sehat dan bersih. Salah satu caranya ialah dengan menerapkan protokol kesehatan yang dianjurkan oleh Organisasi Kesehatan Dunia (WHO) dan juga pemerintah setempat.

Adanya kebiasaan baru tersebut membuat pelaku industri juga melakukan adaptasi di ruang lingkup bisnisnya. RedDoorz, perusahaan manajemen hotel berbasis teknologi, saat ini telah menghadirkan program Hygiene Pass sebagai salah satu cara untuk beradaptasi di kondisi saat ini.

“Kami bisa memastikan bahwa properti kami telah menerapkan protokol kesehatan dan standar kebersihan dan sanitasi tesertifikasi melalui program Hygiene Pass,” ungkap Sandy Maulana, Country Marketing Director RedDoorz Indonesia.

Hygiene Pass merupakan sertifikasi program yang dibuat RedDoorz untuk sanitasi hotel atau akomodasi yang dimilikinya. Dalam menjalankan programnya, RedDoorz berkolaborasi dengan Ikatan Ahli Kesehatan Masyarakat Indonesia (IAKMI) dan juga lembaga terdepan di bidang kesehatan masyarakat yang menyediakan saran bagi industri mengenai kebijakan kesehatan.

“Mereka semua yang membantu kita untuk melakukan sertifikasi terhadap hotel-hotel di RedDoorz. Banyak aspek yang dinilai di sini, utamanya ialah terkait kebersihan saat berada di lingkungan hotel,” ucapnya lagi.

Sandy mengatakan, program ini diluncurkan pada Juli 2020 dengan tujuan untuk memastikan bahwa higienitas dan sanitasi di seluruh propertinya dapat diimplementasikan secara baik dan benar. Setiap akomodasi diwajibkan untuk menaati protokol kesehatan yang ada, seperti membersihkan seluruh ruangan secara rutin hingga melakukan screening historical perjalanan setiap tamunya. Hal tersebut dilakukan guna memperkecil risiko penyebaran COVID-19 saat berada di area hotel.

“Program ini juga merupakan bagian dari upaya RedDoorz mendukung gerakan I Do Care atau Indonesia Care yang digagas Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif,” dia menambahkan.

Hingga saat ini, program sertifikasi ini telah menjangkau lebih dari 400 mitra properti RedDoorz yang tersebar di 70 kota Indonesia. Targetnya, RedDoorz akan mengajak seluruh propertinya untuk mengikuti program Hygiene Pass untuk kenyamanan bersama selama berada di lingkungan hotel.

“Saat ini kita sudah memiliki lebih dari 1.500 hotel yang bergabung di RedDoorz dan maunya semua ikut program ini. Tetapi, akan kita lakukan step by step karena kita tidak mau asal sertifikasi saja, butuh skill up dan butuh waktu untuk melakukan ini semua,” jelas Sandy lagi.

“Saya harap masyarakat tidak perlu khawatir lagi dalam memilih akomodasi karena kami sudah memiliki Hygiene Pass. Jadi, konsumen tinggal mencari saja hotel-hotel yang sudah tesertifikasi tersebut,” dia menambahkan.