Thailand Pun Belajar IT di Luminor Hotel Sidoarjo – Pahlawan

Thursday, 19 September 19 0 Comments   Harry Purnama
Luminor Hotel Sidoarjo

Ada pemandangan yang beda di Luminor Hotel Sidoarjo – Pahlawan. Hotel yang terletak di jantung Kabupaten Sidoarjo ini kedatangan rombongan tamu yang menggunakan almamater universitas dan berkalungkan bunga. Mereka ternyata bukan pelajar dan guru biasa, namun mereka adalah tamu dari Muaklek Technical College, Saraburi, Thailand, yang akan menimba ilmu teknologi informasi selama 10 hari di Luminor Hotel Sidoarjo – Pahlawan.

Welcoming ceremony ini dihadiri oleh 13 guru dan siswa jurusan Electronic, Business Computer, dan Automotive dari Muaklek Technical College, serta 16 guru dan siswa jurusan Rekayasa Perangkat Lunak dari SMK Krian 1. Acara ini berlangsung sangat meriah karena di tengahnya guru dan siswa yang berasal dari Thailand ini menyaksikan demo memasak “Lontong Kupang”, salah satu kuliner khas Kabupaten Sidoarjo yang berbahan dasar kupang dan juga petis, oleh Chef Bagus Dwi Lambang R. Tidak hanya itu, mereka pun dapat meracik dan menikmati Lontong Kupang sesuai dengan selera mereka.

“Kami sangat menyambut adanya kerja sama dengan SMK atau sekolah mana pun. Siswa dapat belajar bagaimana dunia pekerjaan hospitality industry di Luminor Hotel Sidoarjo-Pahlawan. Semoga kerja sama antarnegara ini dapat terus terjalin,” ujar Soesijanto, General Manager Luminor Hotel Sidoarjo – Pahlawan.

Dhini Mekarsari, S. Pd, M. MPd, Kepala SMK Krian 1, mengatakan, “Pertukaran pelajar dan juga guru ini dipersiapkan untuk menghadapi Masyarakat Ekonomi ASEAN (MEA). Tidak dapat dimungkiri, pelajar asing akan jadi pesaing siswa-siswi Indonesia di dunia kerja nantinya.”

Acara ini dilanjutkan dengan tur hotel. Seluruh tamu diajak berkeliling ke setiap kamar hotel dan fasilitas yang dimiliki Luminor Hotel Sidoarjo-Pahlawan. Nantinya, akan ada tiga siswa dan satu guru dari Thailand yang akan menimba ilmu mulai 18 September 2019 hingga 27 September 2019.