Tiga Protokol Kesehatan Alila Solo Hotel

Monday, 15 June 20 Bonita Ningsih
Alila Solo Hotel

Menuju tatanan kenormalan baru, Alila Solo Hotel memutuskan untuk kembali beroperasi normal pada 12 Juni 2020 lalu. Dalam menjalankan operasionalnya, Alila Solo telah menerapkan langkah-langkah dan protokol kesehatan yang di seluruh area hotel.

Protokol kesehatan telah dibuat secara komprehensif dan sudah dilakukan di Alila Solo Hotel. Protokol kesehatan ini termasuk dalam peningkatan sanitasi dan protokol operasional yang baru di seluruh area hotel. Protokol ini akan dilakukan dari pintu masuk hotel, kamar, hingga fasilitas terbuka lainnya yang berada di area hotel. Berikut ini protokol operasional yang telah diterapkan Alila Solo Hotel.

1. Protokol di bagian lobi hotel

Staf hotel yang bekerja di balik meja resepsionis wajib mengenakan masker kesehatan, begitu pula dengan staf lainnya yang berada di area hotel. Meja resepsionis, pena, dan kartu kunci hotel akan rutin dibersihkan agar tidak terjadi penularan.

Bagian depan hotel juga akan rutin dibersihkan dengan cairan disinfektan untuk kenyamanan tamu saat melakukan check in atau check out. Di bagian meja resepsionis juga akan disediakan cairan pembersih tangan agar para tamu dapat terus menjaga kebersihan tangannya.

2. Protokol di bagian kamar

Area dengan tingkat sentuhan yang tinggi akan mendapat prioritas untuk dibersihkan menggunakan cairan disinfektan, salah satunya yang terjadi di area kamar. Petugas hotel juga akan secara rutin membersihkan sirkulasi udara yang ada di dalam kamar hotel. Selain itu, setiap kamar juga akan mendapatkan tambahan amenities berupa tisu basah yang mengandung alkohol.

3. Protokol di bagian tempat makan

Sanitasi setiap meja, kursi, tempat penyimpanan, dan menu makanan menjadi langkah utama yang akan dilakukan di restoran hotel. Staf restoran juga akan menempatkan sendok dan garpu di dalam serbet agar kebersihannya tetap terjaga.

Jaminan keamanan makanan juga menjadi sesuatu yang penting dilakukan di restoran hotel. Saat menyiapkan makanan, seluruh staf restoran wajib mengenakan masker dan sarung tangan. Cairan pembersih tangan juga akan selalu tersedia di dalam restoran.

Untuk tetap menjaga kesehatan, kebersihan, dan keamanan para tamu yang datang, Alila Solo Hotel memutuskan belum membuka operasional spa di hotelnya. Penutupan spa ini akan terus dilakukan hingga batas waktu yang belum ditentukan sehingga para tamu harus menunggu pemberitahuan lanjutan di masa mendatang. Seiring berjalannya waktu, pihak hotel akan terus melakukan evaluasi agar dapat kembali membuka operasional spa di hotelnya.

Dalam pelaksanaan protokol ini, Alila Solo Hotel tetap mengedepankan kehati-hatian dan selalu mengikuti prosedur dan informasi dari berbagai pihak, beberapa di antaranya dari Organisasi Kesehatan Dunia (WHO), pihak otoritas setempat, hingga ahli pariwisata lainnya.

Selain menerapkan protokol kesehatan menuju new normal, Alila Solo Hotel juga telah menyiapkan tawaran menarik bagi para tamunya, seperti potongan harga penginapan hingga pembelian makanan dan minuman di Epice Restaurant serta Agra Rooftop.