Belanja Online, Ini Manfaatnya

Tuesday, 07 September 21 Venue
ilustrasi belanja online digital virtual

Bisnis online melalui media sosial maupun e-commerce telah menjadi populer dan menguntungkan. Sebab, pembeli bisa mendapat sejumlah manfaat dari belanja online (online shopping). Hal itu dikatakan Ketua Umum Asosiasi Pariwisata Madura (ASPRIM) Achmad Vicky Faisal dalam Webinar Gerakan Nasional Literasi Digital 2021 untuk wilayah Kabupaten Sampang, Jawa Timur, Senin (6/9/2021).

Banyaknya online shopping yang memberikan kemudahan kepada masyarakat, kata dia, membuat masyarakat tidak perlu lagi susah-susah mencari barang yang dibutuhkan. “Mereka hanya tinggal menelusuri website yang menjual barang-barang secara online, maka mereka pun akan mendapatkan segala barang yang dicari,” ujarnya.

Achmad mengatakan, terdapat manfaat dari belanja online, di antaranya:

  • Harga Lebih Baik dan Diskon Lebih Besar

Sebagian besar bisnis online menawarkan harga yang jauh lebih rendah dibandingkan dengan toko yang bisa dikunjungi. Alasannya, saat ini sudah banyak orang yang mengetahui bahwa barang-barang yang dijual di internet cenderung lebih murah karena tidak dikenakan pajak bangunan seperti toko. Alasan lain, yaitu sudah banyak bermunculan bisnis online dengan variasi harga terbaik. Akhirnya, para pemilik bisnis online pun mengurangi margin keuntungan demi mendapatkan banyak pelanggan.

  • Kenyamanan
BACA JUGA:   Membangun Personal Branding Secara Online di Media Sosial

Belanja online menjadi nyaman karena tidak perlu memikirkan pakaian untuk pergi ke toko. Selain itu, jika jam kerja sangat sibuk atau tidak teratur, belanja online memungkinkan untuk membeli barang tanpa harus banyak menyita waktu.

  • Variasi Barang

Sebagian besar toko hanya memiliki produk terbatas. Seperti contoh, mungkin ada beberapa produk yang hanya tersedia di toko tertentu. Belanja online memungkinkan untuk menemukan banyak produk yang tidak ditemukan di toko.

  • Terhindar dari Taktik Perangkap
BACA JUGA:   Internet Addicted, Ini Penyebabnya

Toko biasanya memikat dan mempersuasi dengan poster, warna, dan penempatan produk yang membuat tergoda untuk membeli barang tambahan. Akibatnya, Anda mengalami over budget. Inilah perbedaannya. Sebab, taktik ini tidak dilakukan oleh bisnis online.

  • Privasi Terjaga

Belanja online memungkinkan untuk membeli barang-barang yang tidak terpikirkan sebelumnya tanpa adanya rasa malu. Seperti, membelikan pasangan pakaian dalam untuk hadiah ulang tahun. Belanja online memberikan privasi karena memang tidak akan ada orang melihat saat berbelanja, kecuali berbelanja dengan teman atau pasangan. Selain itu, pengiriman biasanya dibungkus rapi sehingga saat penerima barang tak perlu menutupinya.

BACA JUGA:   Gunakan Medsos, Ketahui Isu-Isunya

Gerakan Nasional Literasi Digital 2021 – untuk Indonesia #MakinCakapDigital merupakan rangkaian panjang kegiatan webinar di seluruh penjuru Indonesia. Kegiatan ini menargetkan 10 juta orang terliterasi digital pada tahun 2021, dan tercapai 50 juta orang terliterasi digital pada 2024.

Kegiatan ini merupakan bagian dari program literasi digital di 34 provinsi dan 514 kabupaten dengan empat pilar utama, yaitu Budaya Bermedia Digital (Digital Culture), Aman Bermedia (Digital Safety), Etis Bermedia Digital (Digital Ethics), dan Cakap Bermedia Digital (Digital Skills).