Cara Mengurangi Risiko Peretasan

Wednesday, 13 October 21 Venue

Sekitar 80 persen dari semua serangan keamanan cyber melibatkan kata sandi yang lemah. Oleh karena itu, menurut Amin Rais, Owner Regundes & Mentor Praqtek.com, mengubah kata sandi secara teratur dapat mengurangi risiko adanya peretasan.

“Komputer atau smartphone dapat menyimpan dan menyediakan akses ke banyak data sensitif dan penting. Ini merupakan prioritas untuk menjaga seluruh data dan semua akun media sosial aman. Salah satu tips keamanan yang sering diberikan kepada pengguna adalah secara teratur mengubah kata sandi,” kata dia dalam webinar Gerakan Nasional Literasi Digital 2021 untuk wilayah Kabupaten Sampang, Jawa Timur, Selasa (12/10/2021).

Menurut dia, terdapat lima alasan mengapa pengguna media sosial harus mengubah kata sandi secara teratur, di antaranya:

  • Menjaga keamanan informasi dan akun
BACA JUGA:   Waspadai Akun Medsos Bodong, Begini Cirinya

Fungsi kata sandi adalah untuk menjaga informasi dan data penting yang tersimpan di dalam sebuah akun. Namun, jika pengguna menggunakan kata sandi yang mudah diretas atau bahkan ditebak, itu membahayakan informasi dan akun. Oleh karena itu, pengguna perlu mengubah kata sandi secara rutin untuk mencegah pencurian informasi dan akun.

  • Batasan pelanggaran ke beberapa akun

Tak sedikit pengguna media sosial yang menggunakan satu kata sandi untuk seluruh akun media sosial. Namun, usahakan untuk menggunakan kata sandi yang berbeda pada setiap akun. Menggunakan kata sandi yang sama di beberapa akun akan meningkatkan risiko akses ke semua akun tersebut apabila kata sandi yang pengguna gunakan berhasil diretas.

  • Mencegah peretas mengakses secara konstan

Hacker atau peretas kemungkinan akan melakukan akses ke dalam akun pengguna lebih dari sekali atau bahkan mengakses secara rutin. Dengan mengubah kata sandi secara berkala, pengguna bisa mencegah peretas yang mungkin melakukan akses secara konstan dan juga dapat melindungi akunnya.

  • Mencegah penggunaan kata sandi yang disimpan
BACA JUGA:   Pentingnya Kode OTP Saat Bertransaksi Online

Jika pengguna kehilangan atau mengganti komputer, ada kemungkinan orang lain dapat memperoleh akses ke kata sandi yang pengguna simpan di perangkat tersebut. Oleh karena itu, dengan mengubah kata sandi secara teratur akan mencegah seseorang mengakses akun dengan kata sandi yang lama.

  • Membatasi akses yang diperoleh logger keystroke

Logger keystroke adalah teknologi pengawasan yang digunakan untuk merekam penekanan tombol. Ini biasanya digunakan untuk mencuri kata sandi akun. Mengubah password secara teratur dapat mengurangi kemungkinan terjadinya pencurian menggunakan logger keystroke.

Gerakan Nasional Literasi Digital 2021 – untuk Indonesia #MakinCakapDigital merupakan rangkaian panjang kegiatan webinar di seluruh penjuru Indonesia. Kegiatan ini menargetkan 10 juta orang terliterasi digital pada tahun 2021, dan tercapai 50 juta orang terliterasi digital pada 2024.

BACA JUGA:   Pahami Sistem Keamanan di Dunia Maya

Kegiatan ini merupakan bagian dari program literasi digital di 34 provinsi dan 514 kabupaten dengan empat pilar utama, yaitu Budaya Bermedia Digital (Digital Culture), Aman Bermedia (Digital Safety), Etis Bermedia Digital (Digital Ethics), dan Cakap Bermedia Digital (Digital Skills).