Ingin Nyaman Belanja Online, Perhatikan Hal Ini

Wednesday, 06 October 21 Venue
Kartu kredit

Banyak alasan untuk belanja online. Berbagai kemudahan ditawarkan oleh situs-situs belanja online yang memanjakan konsumen.

“Diskon banyak, pilihan barang beragam, transaksi cepat, dan pengiriman barang pun efisien,” kata  Fathul Qorib, Peneliti & Dosen Ilmu Komunikasi Universitas Tribhuwana Tunggadewi, dalam webinar Gerakan Nasional Literasi Digital 2021 untuk wilayah Kabupaten Malang, Jawa Timur, Senin (04/10/2021).

Namun, Fathul menyadari, masih banyak orang yang ragu berbelanja online karena khawatir informasi pribadi mereka jatuh ke pihak yang tidak bertanggung jawab. Menurut dia, agar belanja online aman dan nyaman, maka dapat menyimak tips berikut ini:

  • Pastikan Gawai Aman

Sebelum berbelanja, pastikan gawai menggunakan antivirus dan anti malware yang selalu up to date agar tidak ada program berbahaya yang diam-diam mencuri informasi pribadi.

  • Gunakan Situs Terpercaya

Berbelanja di situs terpercaya akan membantu mendapatkan barang dengan kualitas terbaik, membantu menghindari penipuan dan yang tidak kalah penting, dapat berbelanja dengan tenang karena informasi pribadi aman.

  • Perhatikan Sekitar
BACA JUGA:   Pengaruh Besar Jejak Digital

Karena ada informasi dan data pribadi yang akan digunakan, belanja online sebaiknya tidak dilakukan di tempat umum, menggunakan perangkat orang lain atau menggunakan Wi-fi publik agar privasi terlindungi. Demi keamanan, jangan bagikan informasi akun pada orang lain dan pastikan menggunakan password yang kreatif. Jika berbelanja dari smartphone, hanya gunakan aplikasi resmi dari sumber terpercaya.

  • Pelajari Syarat dan Ketentuan Berbelanja

Sebelum membeli barang yang diincar, pelajari terlebih dahulu syarat dan ketentuan berbelanja di situs tersebut seperti garansi produk, prosedur penukaran atau pengembalian barang, dan biaya transaksi, jika ada.

  • Perhatikan Prosedur dan Biaya Pengiriman

Jika barang yang dibeli cukup banyak atau berat, ada baiknya memperhatikan biaya pengiriman yang dikenakan agar tidak membebani anggaran belanja secara berlebihan. Sebisa mungkin, pilih situs yang memberikan pilihan gratis biaya pengiriman agar lebih hemat.

  • Pilihan Metode Pembayaran
BACA JUGA:   Menciptakan Kebiasaan Digital Yang Sehat

Dalam berbelanja online, tentunya memiliki preferensi mengenai metode pembayaran. Misalnya, untuk pembelian barang elektronik, lebih suka menggunakan metode cash on delivery atau COD agar dapat memastikan barang yang dibeli dalam kondisi baik. Atau, lebih suka menggunakan kartu debit agar tidak belanja berlebihan. Ada pula konsumen yang lebih nyaman menggunakan kartu kredit karena ada potongan harga atau promosi tertentu. Nah, tentunya situs belanja yang menyediakan beragam pilihan metode pembayaran akan membuat lebih nyaman berbelanja karena bebas memilih sesuai keinginan.

  • Tunai atau Kredit

Selalu bijak dalam berbelanja adalah kunci perencanaan keuangan yang baik. Sebisa mungkin, bayar belanjaan secara tunai dan sesuai anggaran yang sudah direncanakan sebelumnya. Jika memberatkan, dapat menggunakan metode cicilan. Namun, hal ini hanya disarankan jika cicilan utang bulanan masih di bawah 30% penghasilan rutin dan tidak ada bunga yang dikenakan alias cicilan 0%.

BACA JUGA:   Adab dan Sehat dalam Bermedia Sosial

Gerakan Nasional Literasi Digital 2021 – untuk Indonesia #MakinCakapDigital merupakan rangkaian panjang kegiatan webinar di seluruh penjuru Indonesia. Kegiatan ini menargetkan 10 juta orang terliterasi digital pada tahun 2021, dan tercapai 50 juta orang terliterasi digital pada 2024.

Kegiatan ini merupakan bagian dari program literasi digital di 34 provinsi dan 514 kabupaten dengan empat pilar utama, yaitu Budaya Bermedia Digital (Digital Culture), Aman Bermedia (Digital Safety), Etis Bermedia Digital (Digital Ethics), dan Cakap Bermedia Digital (Digital Skills).