Menjaga Keamanan Dari Celah Jejak Digital

Sunday, 26 September 21 Venue
keamanan digital internet

Setiap hari kita tidak terlepas dengan teknologi, salah satunya smartphone. Penggunaan smartphone dengan beragam aplikasi didalamnya, kata A.Fajar Ma’rufin, Dosen STMIK Yadika Bangil, pasti bersentuhan langsung dengan internet.

“Di dalam dunia cyber dikenal istilah ‘History’ atau rekam jejak digital,” kata dia dalam webinar Gerakan Nasional Literasi Digital 2021, untuk wilayah Kabupaten Nganjuk, Jawa Timur, Jumat (24/9/2021).

Di dalam dunia internet, lanjut dia, pencurian data bisa melalui rekam jejak digital. Oleh karena itu, menurutnya penting menjaga keamanan dari celah jejak digital. Fajar mengatakan, terdapat beberapa tips yang dapat disimak, di antaranya:

  • Pintar-pintar saat bermain Internet
BACA JUGA:   Banyak Beredar Berita Palsu, Begini Ciri-Cirinya

Terkadang kita mengabaikan hal kecil saat bermain Internet, misalnya saat kita hendak share berita atau memposting sesuatu tanpa sumber yang akurat. Terkadang dari situ jejak digital akan termuat, jangan sampai kita meninggalkan jejak digital yang memudahkan para pencuri data dengan mudahnya.

  • Hati-hati tehadap penipuan di Internet

Sekarang marak sekali penipuan yang tersebar luas di media Internet, maka dari itu jangan mudah menyebarkan informasi pribadi Anda seperti KTP, PIN, Kata Sandi, Alamat Rumah, Nomor Telepon kepada pengguna lain yang tidak Anda kenal atau platform yang benar-benar terjamin keamanannya.

  • Kata Sandi Anda harus kuat
BACA JUGA:   Tips dan Trik Menjadi Content Creator

Saat Anda menggunakan salah satu produk digital yang mengharuskan Anda mendaftar terleih dahulu dengan melampirkan data pribadi, pastikan kata sandi yang Anda buat harus kuat dan aman serta gunakan kata sandi yang kombinasi antar huruf, karakter dan angka.

  • Tanya kepada yang lebih paham

Maksudnya adalah ketika Anda kurang yakin dengan produk digital yang Anda inginkan, disarankan untuk bertanya kepada yang lebih paham dengan informasi di dalamnya.

Gerakan Nasional Literasi Digital 2021 – untuk Indonesia #MakinCakapDigital merupakan rangkaian panjang kegiatan webinar di seluruh penjuru Indonesia. Kegiatan ini menargetkan 10 juta orang terliterasi digital pada tahun 2021, dan tercapai 50 juta orang terliterasi digital pada 2024.

BACA JUGA:   Internet dan Dampak Positifnya

Kegiatan ini merupakan bagian dari program literasi digital di 34 provinsi dan 514 kabupaten dengan empat pilar utama, yaitu Budaya Bermedia Digital (Digital Culture), Aman Bermedia (Digital Safety), Etis Bermedia Digital (Digital Ethics), dan Cakap Bermedia Digital (Digital Skills).