Bali Nusa Dua Convention Center Menjadi Tuan Rumah Kongres Bidan Sedunia

Tuesday, 26 November 19 Harry Purnama
Bali Nusa Dua Convention Center

Pada November 2013, Bali Nusa Dua Convention Center (BNDCC) memberi dukungan kepada Ikatan Bidan Indonesia (IBI) saat lelang dalam mengajukan Indonesia sebagai tuan rumah penyelenggaraan acara 32nd International Confederation of Midwives Triennial Congress and Associated Meetings tahun 2020.

Hal itu ternyata berbuah manis. Pada Mei 2015, BNDCC secara resmi ditunjuk sebagai tempat penyelenggaraan acara tersebut. Tidak terasa, saat ini terhitung kurang lebih tujuh bulan menjelang ajang pertemuan asosiasi bidan terbesar sedunia yang akan diadakan pada Juni 2020 mendatang.

Kongres ini adalah forum paling berpengaruh dalam profesi kebidanan yang bertujuan untuk mencapai pelayanan terbaik dalam merawat wanita hamil, kesehatan para ibu, bayi baru lahir, dan kesejahteraan keluarga mereka.

Konfederasi Bidan Internasional atau International Confederation of Midwives (ICM) memberikan dukungan dan bekerja untuk memperkuat ikatan asosiasi-asosiasi profesi bidan yang tersebar di seluruh dunia. Saat ini terdapat 132 asosiasi bidan di 113 negara yang berada di berbagai benua. ICM berorganisasi di enam wilayah, yaitu Afrika (meliputi wilayah berbahasa Inggris dan berbahasa Prancis), Amerika (Amerika Utara, Karibia, dan Amerika Latin), Pasifik Barat, Mediterania Timur, Asia Tenggara, serta Eropa (Utara, Tengah dan Selatan).

Kongres ke-32 yang diadakan setiap tiga tahun ini akan diselenggarakan selama lima hari pada 21 sampai 25 Juni 2020 dan mengangkat tema “Midwives Of The World: Delivering The Future” sebagai tema utama dengan kurang lebih 4.000 delegasi yang berasal dari profesi bidan, stakeholder kebidanan, serta organisasi kesehatan dan masyarakat umum diharapkan hadir untuk ikut berpartisipasi dalam kongres ini.

Yasinta Hartawan, General Manager BNDCC, menyatakan, “Kami sangat bangga telah dipilih sebagai tempat penyelenggaraan acara ini, dan kami menghaturkan apresiasi kami kepada IBI yang telah mengajukan kami dalam proses lelang untuk menjadi venue kongres ini. Kami menantikan saat untuk menyambut seluruh delegasi yang datang dari seluruh penjuru dunia.”

BNDCC memiliki rekam jejak yang kompeten dalam penyelenggaraan konferensi tingkat dunia dan akan terus menjadi venue acara-acara internasional di tahun-tahun mendatang, termasuk acara The 5th World Cocoa Conference 2020, 29th Annual Conference Asian Pacific Association for the Study of the Liver 2020, dan Food Hotel Tourism Expo 2020.

BNDCC adalah fasilitas MICE yang terintegrasi dan berlokasi di kawasan terpadu Nusa Dua yang memiliki infrastruktur pariwisata terbaik dengan hotel bintang 4 dan 5 yang memiliki lebih dari 7.500 kamar, lapangan golf dan country club, teater, rumah sakit, pusat perbelanjaan, kafe dan restoran dengan pantai pasir putih yang dapat dijangkau dengan berjalan kaki.

BNDCC dibangun di atas lahan seluas 70.000 meter persegi yang bangunannya terinspirasi dari seni budaya arsitektur Bali. BNDCC memiliki 44 ruangan yang multifungsi dan dapat menampung 10.000 orang.