Bandara Soekarno Hatta Dijadikan Sentra Vaksinasi COVID-19

Tuesday, 10 August 21 Bonita Ningsih

Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Kemenparekraf) mengapresiasi kehadiran sentra vaksinasi COVID-19 di Terminal 3 Bandara Soekarno Hatta, Tangerang Banten. Hadirnya sentra vaksinasi ini merupakan bentuk kolaborasi  antara Traveloka, Kementerian Kesehatan RI, dan PT Angkasa Pura II (Persero)

Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif, Sandiaga Salahuddin Uno, mengatakan kolaborasi ini merupakan salah satu upaya untuk menyukseskan program vaksinasi nasional. Sandiaga juga terjun langsung meninjau lokasi pelaksanaan untuk memberikan dukungan terhadap program tersebut.

“Untuk mencapai herd immunity memang tidak bisa dikerjakan sendiri-sendiri sehingga dibutuhkan kolaborasi bersama. Oleh karenanya, saya sangat mengapresiasi gerak bersama ini,” kata Sandiaga.

Menurut Sandiaga, langkah ini dapat mempercepat program vaksinasi nasional dosis kedua dengan target 14 ribu dosis. Sesuai arahan Presiden Joko Widodo, pemberian vaksinasi COVID-19 harus mencapat target 2 juta dosis setiap harinya.

Lebih lanjut Sandiaga mengungkapkan bahwa kehadiran sentra vaksinasi di bandara sebagai langkah inovasi bersama di tengah situasi saat ini. Lokasinya yang berada di bandara akan mempermudah wisatawan saat ingin melakukan perjalanan menggunakan transportasi udara.

“Kita harus bangga dengan hal ini karena tidak banyak negara lain yang menghadirkan sentra vaksinasi di dalam bandara. Di sini, yang bisa menikmati tidak hanya pelaku perjalanan, tetapi juga masyarakat yang datang dari tempat jauh. Hal ini menunjukan minat masyarakat yang ingin divaksin,” ucap Sandiaga lagi.

Sandiaga juga mengatakan bahwa saat ini pemerintah akan terus menambah sentra vaksinasi di tanah air, stok obat-obatan, dosis vaksin, dan juga oksigen. Dengan bermunculannya sentra vaksinasi di Indonesia, masyarakat dapat mencapai kekebalan komunal dan diharapkan perekonomian bisa kembali pulih.

Untuk itu, pemerintah juga terus berupaya menyiapkan integrasi aplikasi PeduliLindungi dengan data vaksinasi dari semua daerah. Aplikasi ini akan mempermudah masyarakat untuk melihat status vaksinasi yang sudah didapatnya. Pasalnya, bagi masyarakat yang ingin pergi ke tempat wisata atau tempat umum lainnya wajib menunjukkan sertifikat vaksin COVID-19.