Berwisata Sambil Belajar Bahasa Inggris di Bali

Saturday, 18 May 19   18 Views   0 Comments   Nila Sofianty

Banyak cara untuk mengisi liburan yang sebentar lagi tiba, salah satunya mengisinya dengan meningkatkan keterampilan berbahasa Inggris dengan cara yang menyenangkan. Seperti yang ditawarkan oleh EF English First Bali dengan meluncurkan program EF Holiday Academy. Program ini disampaikan kepada masyarakat umum bersamaan dengan diadakannya talk show bertajuk “Learning English Through Artistic Expression” yang bertempat di EF Bali Hayam Wuruk pada pertengahan Mei 2019 lalu.

Talk show yang menampilkan sejumlah narasumber, seperti Elisabeth Maria (Regional Director EF English First Indonesia), Caroline Lamb (Academic Director EF English First Bali), Happy Salma (Performer & Public Figure), dan Astri Azas Asih (Center Director EF English First Bali) ini dihadiri oleh sekitar 80 peserta dari masyarakat umum, termasuk orang tua murid, siswa, calon siswa EF, serta media.

Menurut Elizabeth Maria, Holiday Academy merupakan program yang berlangsung pada bulan Juni-Juli 2019 dan bisa diikuti oleh anak-anak berusia 3-14 tahun yang terbagi dalam 2 kategori, yakni Storyteller (3-7 tahun) dan On Stage (8-14 tahun.

“Program ini bisa diikuti selama 2 minggu di masa libur sekolah dan intensif setiap hari dari Hari Senin-Jumat,” ujar Elizabeth.

Elizabeth menambahkan, sejumlah program di EF termasuk Holiday Academy ini diambil dengan berbagai pertimbangan, termasuk ikut serta menyiapkan anak-anak menghadapi globalisasi dan perkembangan teknologi yang sangat cepat dan tuntutan kemampuan keterampilan literasi berkomunikasi yang tinggi di era globalisasi.

Elizabeth mengatakan, di era globalisasi saat ini, bahasa Inggris merupakan media komunikasi mendasar yang sudah harus dipersiapkan sejak usia dini guna menghadapi persaingan dan perkembangan dunia yang semakin dinamis.

Senada dengan Elizabeth, menurut Astri, seiring dengan meningkatnya kebutuhan bahasa Inggris, tuntutan akan kemampuan literasi anak di usia dini sangat berpengaruh untuk masa depan yang baik.

Hasil penelitian terbaru pendidikan dalam P21 Framework for 21st Century Skills menyatakan bahwa keberhasilan dan kesuksesan anak dipengaruhi oleh keterampilan berkomunikasi, literasi (informasi dan teknologi), bersosialisasi, dan berkolaborasi melalui penggunaan bahasa, terutama bahasa Inggris.

“Program Holiday Academy ini sendiri sudah ada sejak beberapa tahun lalu, dan setiap tahunnya diisi dengan konsep yang sesuai kebutuhan zaman, dan tahun ini yang mengusung konsep seni diperkirakan akan diikuti oleh sekitar 300 anak,” ujar Astri.

Di kesempatan yang sama, Caroline, Senior Teacher Manager, menyampaikan mengenai peran penting pengembangan bahasa sebagai dasar keterampilan dalam membantu mengoptimalkan kemampuan kognitif, emosional, dan sosial anak yang berdampak positif terhadap perkembangan psikososial mereka.

Holiday Academy ini merupakan program khusus yang memberikan pengembangan karakter anak dan kemampuan literasi dini yang lebih percaya diri dalam berbahasa Inggris.

Selain itu, EF Holiday Academy menyediakan berbagai macam kebutuhan dasar untuk memahami dan mengembangkan kemampuan berbahasa Inggris, seperti Storytellers, Phonic, Reading Science, Writer Guild, dan On Stage yang telah disesuaikan dengan umur anak.

Baik program Holiday Academy dan talk show ini diharap bisa memberikan nuansa edukatif dan inovatif bagi para orang tua agar lebih memahami bagaimana memberikan pelayanan terbaik guna membantu mengembangkan kemampuan akademik, kompetensi, dan karakter melalui materi dan lingkungan belajar yang berorientasi pada perkembangan psikologis anak.