Semut Dukung Pertumbuhan Industri Bangunan Nasional

Saturday, 19 November 22 Harry Purnama
Semut

Sektor konstruksi merupakan satu dari empat besar sektor terbesar yang menopang perekonomian Indonesia. Karenanya, untuk mendorong sektor konstruksi tumbuh semakin tinggi, PT Semakin Mudah Terjangkau meluncurkan aplikasi bernama Semut pada 19 November 2022 di dalam acara IndoBuild Tech Expo 2022, di ICE BSD.

Semut merupakan sebuah marketplace yang mempertemukan antara manufacturer, distributor, maupun sub-distributor dengan end user seperti masyarakat maupun pebisnis. Semut berusaha untuk menjadi pionir aplikasi di industri bangunan.

“Melihat era digital yang terus berkembang maka kami rasa perlu ada 1 platform yang bisa membuat industri bangunan khususnya semakin berkembang dari segi digital, karena industri lain sudah memiliki pionirnya masing-masing, maka harapannya Semut dapat menjadi pionir aplikasi penyedia bahan bangunan dan interior,” ujar Joni Jo, Founder dan CEO Semut.

BACA JUGA:   UNWTO Luncurkan Panduan Pemulihan Pariwisata

Joni Jo menambahkan, Semut tidak hanya marketplace B2B, tapi juga sudah mendukung untuk B2B2C sehingga masyarakat pun bisa membeli bahan bangunan dalam jumlah sedikit.

Dalam peresmian tersebut Joni Jo juga menjelaskan tentang Semut yang menawarkan kemudahan dalam bertransaksi di industri bangunan, seperti kemudahan sistem pembayaran yang beragam, menyediakan layanan Semut Credit Plan atau modal usaha hingga Rp2 miliar tanpa agunan atau hingga Rp15 miliar dengan agunan, moda pengiriman yang disesuaikan dengan kebutuhan industri bangunan, serta promo menarik setiap bulannya.

BACA JUGA:   Desa Wisata Akan Menjadi Program Unggulan Kemenparekraf

“Untuk pengiriman, selain seller menyediakan pilihan ekspedisi sendiri, tapi buyer juga bisa memilih ekspedisi lain yang tersedia. Kita juga sudah bekerja sama dengan Lalamove, bahkan ada juga pilihan truk hingga 60 ton,” ujar Joni.

Untuk dapat menjadi top merchant di Semut, akan ada proses review dari tim Semut dan survei ke toko atau pabrik. Kalau sudah memenuhi syarat, maka akan mendapat approval untuk mulai dapat berjualan di Semut.

BACA JUGA:   Menhub Budi Karya Sumadi Uji Kereta Bandara

Semut memiliki misi untuk menjangkau seluruh Indonesia secara bertahap. Untuk tahap pertama atau saat ini, Semut baru mengcover wilayah Jabodetabek. Saat ini aplikasi Semut sudah tersedia di App Store maupun Google Play.